Kementerian PK Latih Penggunaan Bahasa Media Massa

0
89

Kupang — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PK) dan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia bagi Media Massa Daring (online).

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 12-15 Agustus 2019 di Hotel Amaris Kupang.

Salah satu peserta, Retno Irawati mengatakan kegiatan hari pertama mereka mendapatkan materi penggunaan bahasa media daring. Ejaan dan tanda baca dalam penulisan berita yang di bawakan oleh staf kantor Bahasa Salimulloh Tegar dan Peneliti Badan Bahasa Wisnu Sasongko dengan materi yang dibawakan kalimat efektif dalam berita.

“Bahasa yang digunakan pemateri sangat bagus dan jelas karena menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI),” katanya.

Retno juga menjelaskan dihari kedua mereka mendapatkan materi dari Kasubid Pengembangan Bahasa Badan Bahasa, Luh Anik Mayani tentang pembentukan dan penulisan istilah Asing pada Media Massa.

“Materi ini sangat asyik karena ada juga bahasa Arab dan bahasa daerah serta bahasa Asing lainnya yang di bahas dalam materi tersebut. Kami juga belajar tentang identifikasi kesalahan penulisan judul berita,” jelasnya. (lya)

Baca Juga :  Tiga Komoditi NTT Jadi Ekspor Terbesar Mei 2019

Comments

comments