Kepala BNPB Disambut dengan Natoni Adat

0
117

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo bersama rombongan disambut Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore di Bandara El Tari Kupang dengan upacara tuturan adat Timor Natoni adat. Hadir juga dalam penyambutan antara lain, Kepala BPBD NTT, Thomas Bangke, unsur Forkopimda NTT, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kupang, Maxy Jemy Deerens Didok, serta para staf BPBD baik Provinsi NTT maupun Kota Kupang.

Kepala BNPB dalam sambutannya mengatakan kunjungannya membawa 10.000 anakan Pohon Cendana untuk Provinsi NTT dan khusus untuk Kota Kupang ditambah 1000 anakan Pohon Aren. “Alasan membawa Pohon Aren karena salah satu masalah di NTT adalah kekeringan dan berdasarkan pengalaman Aren merupakan salah satu tanaman yang mampu membuat atau membentuk mata air,” jelasnya.

“Kalau NTT ingin keluar dari kesulitan ekonomi, maka lihatlah potensi yang ada dan menurut saya Pohon Cendana bisa menjadi solusi untuk jangka panjang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya. Menurutnya Cendana menjadi pilihan untuk ditanam di NTT adalah karena Pohon Cendana yang terbaik di dunia ada di wilayah NTT dan dunia masih membutuhkan khususnya bahan baku industri aroma terapi, kosmetik dan pewangi lainnya, sangat disayangkan potensi cendana ini kurang mendapat perhatian.

Baca Juga :  Wagub NTT Semangati Vania untuk Harumkan Nama NTT

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo juga berharap perlu ada dorongan untuk penanaman kelor supaya produksinya memiliki nilai jual yang tinggi karena kelor di NTT merupakan salah satu yang terbaik di dunia. “Dulu orang membeli kelor dari India dan Filipina, tetapi sekarang banyak di cari di NTT, untuk itu kita harus menjaga kualitasnya dan NTT harus menjaga persaingan dagang,” lanjut Kepala BNPB.

Selesai rapat bersama, rombongan kemudian beranjak menuju halaman kantor Wali Kota Kupang untuk melakukan penanaman anakan pohon di halaman Kantor Walikota Kupang. Hadir mendampingi Wali Kota Kupang para Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang, para Camat serta jajaran BPBD Kota Kupang.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore, dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang telah membantu Kota Kupang dengan memberikan anakan pohon cendana dan pohon aren. Dengan adanya bantuan tersebut sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Kupang yakni Gerakan menuju Kupang Hijau. Pemerintah Kota Kupang tahun 2019 menargetkan penanaman sebanyak 15.000 pohon, salah satunya Pohon Sepe yang menjadi ciri khas dan kebanggaan Kota Kupang.

Baca Juga :  Wali Kota Lantik Ottemoesoe Jadi Dirut PDAM Tirta Bening

“Sekiranya 20 tahun yang akan datang, Kota Kupang menjadi salah satu penghasil cendana terbesar di NTT selain di So’e. Untuk itu sekali lagi kami berterima kasih kepada pak Doni melalu BNPB yang telah dengan tulus membantu Kota Kupang dengan memberikan anakan pohon cendana dan aren,” kata Wali Kota. Rencananya, dari 10.000 anakan pohon cendana akan dibagikan kepada masyarakat NTT melalui Ibu Sarlin Tulle selaku perwakilan PT. Gali Jaya yang berlokasi di Jakarta dan UD. Gali Wangi yang berlokasi di SoE – Timor Tengah Selatan.(lya)

Comments

comments