Kota Kupang Capai Target Imunisasi MR

0
229

Kupang — Kota Kupang, menjadi salah satu kota yang secara nasional mencapai target yang ditetapkan oleh kementrian yakni sebesar 95 persen dalam hal pencanangan vaksinasi gratis Campak Rubella (MR).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Wijana, saat membuka Desiminasi Hasil Pelaksanaan Kampanye MR, Senin, (12/11/2018).

Menurutnya, selama tiga bulan pencanangan vaksinasi gratis Campak Rubella (MR) telah mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat menargetkan untuk setiap wilayah kabupaten kota maksimal capaian imunisasi sebesar 95 persen. Sejak dicanangkan 1 Agustus -31 Oktober 2018, tercatat sebanyak 100.337 bayi usia 9 bulan hingga anak di bawah usia 15 tahun mendapatkan layanan imunisasi campak rubella atau sebesar 95,75 persen dari total jumlah keseluruhan sebanyak 104.791 anak di kota Kupang, “katanya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Sri
Wahyuningsih mengatakan data menunjukkan 85 persen kasus campak dan 70 persen kasus rubella terjadi pada kelompok usia anak dibawah 15 tahun.

“Strategi pencanangan imunisasi dan cakupan yang tinggi semata bertujuan menurunkan kasus campak dan rubella,” kata Sri.

Baca Juga :  Dinas Pendidikan DKI Jakarta Jawab Polemik Ijazah Cabup MDT

Pemberian Imunisasi MR pada kelompok usia ini diharapkan kekebalan komunitas akan terbentuk, sehingga transmisi campak maupun rubella ke kelompok umur lain, terutama pada wanita hamil, sangat kecil.

Untuk delapan Puskesmas sesuai data terpilah itu mereka sudah 95 persen perwilayahan, sedangkan yang tiga Puskesmas itu belum mencapai 95 persen mereka baru 90 persen. Delapan Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Pasir Panjang, Bakunase Oepoi, Manutapen, Alak, Sikumana, Penfui, naioni. Sementara yang tiga puskesmas masih 88 persen karena ada beberapa wilayah itu ada penolakan.

Dikatakannya bahwa penghargaan yang pertama diberikan kepada Puskesmas yang mencapai 95 persen dan yang kedua ucapan terima kasih untuk partisipasi dari baik dinas pendidikan kementerian agama, rumah sakit-rumah sakit yang mendukung kampanye MR.

“penghargaan yang kami sangat berikan sebesar-besarnya itu adalah ke sahabat-sahabat atau teman-teman kami yang di Puskesmas karena tanpa mereka kita tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya. (lya/qi)

Comments

comments