Kota Kupang Uji Coba Kota Tangguh Bencana

0
79

Kupang — Partner for Resilience Karina mengadakan lokakarya uji coba indikator kota tangguh bencana di Kota Kupang.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari pada tanggal 5-6 Agustus di Hotel Aston.

Deputi partner Resilience Karina, Chasan Ascholani mengatakan diskusi terkait dengan uji coba indikator kota tangguh sudah pernah di lakukan dan mungkin selama ini Kota Kupang sudah pernah melaksanakan penilaian indikator kota tangguh tapi selamaa ini lebih kepada indikator kota tangguh bencana karena memang itu yang di mandatkan oleh RPJMN.

Menurutnya menyusun indikator bersama yang kira-kira berlaku untuk 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang dapat mencerminkan pertanggungjawaban terhadap perubahan iklim dan bencana. Beberapa waktu yang lalu sudah dilakukan diskusi di tingkat Nasional untuk merumuskan indikator-indikator tersebut.

Dalam diskusi terakhir, Bappenas, BNPB, KLHK tidak ingin indikator hanya dari pusat tetapi juga lebih menginginkan indikator ini dari pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten. Rencananya akan dilakukan ujicoba di Indonesia Timur, Indonesia Tengah dan Indonesia Barat. BPBD Indonesia Timur akan dilakukan di kabupaten Sikka dan kota Kupang.

Baca Juga :  Ratu Wulla Talu Kembali Sabet Awards 2018

“harapannya setelah nanti mendapat masukan dari bapa ibu, dari pemerintah daerah indikator tersebut benar-benar dapat mencerminkan kondisi daerah dan dapat dilaksanakan oleh pemerintah daerah paling tidak untuk lima tahun ke depan. Sehingga ini akan menjadi tanggung jawab bersama tidak ada pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” katanya. (lya)

Comments

comments