KPP Kupang Terbaik Se-Nusa Tenggara

0
68

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Kantor Pajak Pratama (KPP) Kupang berhasil menjadi yang terbaik dalam kualitas pelayanan pajak se-Nusa Tenggara tahun 2019.¬†Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara, Tri Bowo, dan diterima oleh Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim di Hotel Santika, Mataram, tanggal 4 Oktober 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan pada saat acara Rakorda Kanwil DJP Nusa Tenggara yang dihadiri oleh jajaran pimpinan Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara dan seluruh jajaran pimpinan Kantor Pelayanan Pajak di seluruh Nusa Tenggara.

Proses penilaian ini dilakukan setelah melewati serangkaian penilaian mulai Juli sampai September 2019. Penilaian dilakukan atas dokumen terkait kinerja, integritas, inovasi layanan, prestasi kantor, survey kepada wajib pajak, observasi langsung ke kantor pelayanan pajak, presentasi dan tanya jawab. Dan setelah melewati proses penilaian sekitar hampir tiga bulan tersebut, KPP Pratama Kupang pun keluar sebagai Juara pertama Kantor Pelayanan Terbaik se-Nusa Tenggara.

Terbukti, usaha tidak mengkhianati hasil, setelah melihat langkah-langkah transformatif pelayanan yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang pada tahun 2019 ini.
Setelah menyabet gelar itu, KPP Pratama Kupang akan mewakili Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara dalam kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik tingkat Nasional dengan 33 KPP lain se-Indonesia.

Baca Juga :  Para Kades Diminta Sosialisasikan Visi, Misi Gubernur Terpilih

Jumlah seluruh KPP se-Indonesia saat ini adalah 352 kantor pelayanan pajak. Kepala KPP Pratama Kupang memohon doa dan dukungan agar KPP Pratama Kupang dapat berbicara banyak dan menjadi kantor pelayanan terbaik juga di tingkat nasional.

“Capaian ini merupakan hasil komitmen KPP Pratama Kupang dalam memberikan pelayanan pajak berbasis taxpayers relationship perspective. Yang menjadi kunci kemenangan KPP Pratama Kupang terletak pada lima inovasi utama yang diusulkan dengan berbasis taxpayers relationship perspective,” jelasnya.

Dijelaskannya, Inovasi Pertama adalah FAQs Informasi Layanan Perpajakan via QR Code. Inovasi FAQs Informasi Layanan Perpajakan via QR Code yang diluncurkan Juni 2019 lalu merupakan kumpulan pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh Wajib Pajak (WP) terkait dengan layanan yang diberikan di KPP Pratama Kupang. Seluruh informasi dimaksud diperoleh hanya dengan men-scan QR code yang tersedia. FAQs ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pertanyaan seputar Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Pengusaha Kena Pajak (PKP), Surat Pemberitahuan (SPT), dan pertanyaan yang sering ditanyakan di loket Help Desk.

Inovasi Kedua adalah QR Code Posisi Alamat Wajib Pajak yang diluncurkan Agustus 2019. QR Code alamat wajib pajak merupakan media untuk membantu kurir dalam pengiriman surat kepada Wajib Pajak. Informasi yang dimasukkan dalam QR Code berupa link alamat Wajib Pajak menurut titik koordinat di Google Maps. Adanya QR Code ini berdampak pada tingkat Kembali Pos (kempos) yang berkurang signifikan.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Yakin PSKK Bawa Pulang Trofi ETMC

Inovasi ketiga adalah Duta E-Filing yang diluncurkan pada Januari 2019. Inovasi ini merupakan pemberian bimbingan teknis terkait tata cara pengisian dan penyampaian SPT Tahunan kepada perwakilan 26 Satker besar, yang nantinya bertugas memberikan transfer of knowledge, menjadi role model serta membantu memantau pelaksanaan penyampaian SPT Tahunan di masing-masing unit kerjanya.

Inovasi keempat adalah Tax Massive Campaign Through Mass Media yang dikembangkan sejak September 2018. Media memiliki peran sentral sebagai partner DJP untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Media juga sebagai perpanjangan tangan untuk sosialisasi pajak kepada masyarakat. Media dapat membantu KPP Pratama Kupang untuk menyebarluaskan ide, gagasan, berita, kebijakan, maupun kegiatan terkait pajak. Dengan mengusung partnership, dan memiliki hubungan yang baik dengan media, KPP Pratama Kupang mampu bersinergi dalam mewujudkan kesadaran pajak.

Inovasi kelima adalah Program Zero Mistakes Pengemasan SPT yang dikembangkan sejak September 2018. Di tahun sebelumnya, KPP Pratama Kupang bertengger di posisi kedua dari bawah nasional untuk tunggakan SPT terbanyak nasional. Dengan kata lain, tata kelola pengolahan SPT paper sangat poor governance. Setelah diterapkan program Zero Mistakes, KPP Pratama Kupang konsistensi bertengger di posisi tertinggi nasional di tahun 2019 untuk Indikator Kinerja Utama Pengemasan SPT Tepat Waktu yang tercatat 100% hingga sekarang.

Baca Juga :  NTT mengalami Inflasi 0,23 persen

KPP Pratama Kupang sebenarnya memiliki banyak inovasi pelayanan yang membuat Wajib Pajak semakin mudah dan murah dalam melakukan kewajiban perpajakannya. Tetapi karena dibatasi mengusulkan 5 inovasi, maka inovasi di atas yang dipilih untuk ikut dalam kontestasi.

Menjadi Kantor Pelayanan Terbaik se-Nusa Tenggara merupakan konsekuensi positif yang dilahirkan dari langkah-langkah transformatif yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang. Hal ini merupakan milestone bagi KPP Pratama Kupang untuk menjadi kantor layanan publik terbaik berbasis taxpayers relationship perspective. Semangatnya adalah KPP Pratama Kupang terus berupaya menyediakan pelayanan yang easier and less costly serta berkepastian hukum, bukan bersifat more pleasant.(lya/eho)

Comments

comments