KPP Pratama Kupang Himbau Wajib Pajak Maksimalkan Layanan Online

0
26

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Nusa Tenggara Timur terutama di Kota Kupang, KPP Pratama Kupang terus mengajak seluruh wajib pajak untuk menggunakan Layanan Online yang disediakan oleh KPP Pratama Kupang berupa Layanan Online Satu Pintu Instabio, layanan Live Chat WhatsApp, Email dan Portal pajak.go.id.

Semenjak pandemi Covid-19 mewabah, KPP Pratama Kupang telah menyediakan layanan online kepada wajib pajak untuk dapat menjalankan kewajibannya dengan mudah tanpa perlu bertatap muka dengan petugas.

Antusias dari wajib pajak sangat terlihat semenjak layanan online dibuka pada 15 Juni 2020 dan tetap bertahan sampai saat ini. Penggunaan layanan KPP Pratama Kupang pada bulan September 2020 masih didominasi oleh layanan online sebesar 74% atau sebanyak 3.268 pengguna layanan. Dari sebanyak 74% tersebut didominasi oleh wajib pajak yang melakukan pendaftaran dan mengajukan permohonan.

Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim sangat mengapresiasi penggunaan layanan online oleh wajib pajak KPP Pratama Kupang. “Kami sangat salut dengan wajib pajak KPP Pratama Kupang, melebihi ekspektasi kami, wajib pajak telah sangat familiar dengan layanan online atau elektronik tersebut,” ujar Luqman.

Baca Juga :  Danrem 161/Wira Sakti Terima Kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN NTT

Layanan Online KPP Pratama Kupang dapat diakses melalui WhatsApp di nomor 082145150934 atau 082145150924 untuk Pelaporan SPT dan Permohonan Lainnya, 082145008327 atau 082145008315 untuk Administrasi NPWP dan PKP, 081246108339 atau 081246108357 untuk Konsultasi Helpdesk dan 081246108852 untuk Konsultasi Tata Cara Pembuatan Billing. Selain itu wajib pajak bisa menggunakan layanan email di alamat kpp.922@pajak.go.id atau melalui pos di alamat Jl Palapa No. 8 Oebobo, Kota Kupang.

Seluruh layanan online DJP dan inovasi layanan perpajakan KPP Pratama Kupang dapat diakses melalui Layanan Online Satu Pintu instabio.cc/pajakkupang. Layanan tersebut meliputi informasi perpajakan terkini, insentif pajak terkait Covid-19, booking antrean, layanan pesan tertulis whatsapp, tutorial perpajakan, download formulir, tracking permohonan serta kontak dan sosial media KPP Pratama Kupang.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang, Esra Junius Ginting menyatakan bahwa KPP Pratama Kupang mendorong wajib pajak untuk menggunakan layanan online. “Kami imbau wajib pajak untuk dapat memaksimalkan layanan non-tatap muka seperti live chat whatsapp, email kantor maupun pos/jasa ekspedisi, seperti 5 bulan sebelumnya wajib pajak sudah terbiasa menjalankan kewajiban menggunakan layanan online,” tutur Esra.

Baca Juga :  Bupati Perintahkan Kepsek Satap Gokata Bongkar Gedung Mes Guru

Layanan tatap muka di KPP Pratama Kupang tetap dapat dilakukan dengan melakukan reservasi antrean secara online pada situs kunjung.pajak.go.id. Wajib Pajak menyiapkan nomor NIK dan NPWP, memilih jenis layanan dan waktu reservasinya. Layanan tatap muka tersebut digunakan untuk layanan yang belum disediakan secara online.

Wajib pajak pengguna layanan tatap muka diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Kupang, memakai masker dengan baik dan benar dan dilakukan penggecekan suhu tubuh terlebih dahulu.

Di tengah pandemi covid-19, KPP Pratama Kupang berharap agar wajib pajak tetap dapat menjalankan kewajiban perpajakan ataupun pengajuan permohonan berjalan dengan lancar. Dengan adanya saluran layanan online yang disediakan, wajib pajak semakin dipermudah.

Luqman juga mengimbau bagi wajib pajak untuk menggunakan layanan online karena lebih mudah. “Bagi wajib pajak yang belum menggunakan layanan online, silakan langsung saja chat atau email, kami akan sangat terbuka,” imbuhnya.

KPP Pratama Kupang mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 agar masyarakat dapat menjalankan kewajiban perpajakannya tetapi tetap menjaga kesehatan diri masing-masing. Dengan semangat gotong-royong bersama, penyebaran virus COVID-19 ini dapat di tekan. Pajak Kuat Indonesia Maju. (*/lya)

Baca Juga :  Ketua Umum Persit Pimpin Kegiatan Jumat Berkah di Kupang

Comments

comments