Kunjungi Mabar, Dua Menteri Pastikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Rampung Akhir Tahun 2020

0
33

KIBLATNTT.COM, LABUAN BAJO — Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi (Marves) RI, Luhut B. Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (10/9/2020). Dalam kunjungan yang diterima Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) dan Bupati manggarai Barat, Agustinus C.H. Dula ini, kedua menteri menegaskan pelabuhan multi guna Wae Kelambu akan rampung dan siap digunakan akhir tahun 2020 ini.

Dalam Kunjungan kerja dimaksud, Menteri Marves dan Menteri PUPR, mengunjungi dan melihat langsung Proses Pembangunan Terminal Multipurpose Pelabuhan Multi Purposed atau Multi Guna, Wae Kelambu, Labuan Bajo.

“Ini sangat luar biasa. Saya bersama pak Basuki datang untuk melihat pelaksanaan pembangunan pelabuhan ini. Semoga pasca selesainya pembangunan ini, (Pelabuhan)dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi yang signifikan di Manggarai Barat,” Kata Menko Luhut.

Pembangunan pelabuhan tersebut menggunakan dana APBN dengan total nilai kontrak pekerjaan hampir mencapai Rp 173 Miliar. Tujuannya sebagai terminal penunjang pelabuhan Labuan Bajo yang ditargetkan selesai dibangun pada Desember tahun ini.

Baca Juga :  Musik harus Memberi Pesan Keindahan

Sementara itu menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, pihaknya juga sedang membangun jalan penunjang untuk kelancaran distribusi logistik dari pelabuhan Wae Kelambu menuju pusat Labuan Bajo dan beberapa proyek infrastruktur lainnya.

“Jalan dan jembatan sudah kita programkan, sekitar 30 km dari sini ke Tana Mori. Jalannya akan kita lebarkan sesuai dengan standar nasional. Pembangunan berlangsung selama setahun. Dipastikan mulai tahun 2021 dan 2022 selesai kita bangun,” kata Menteri Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Viktor menyerukan berkaitan dengan sinergitas dalam pembangunan di seluruh wilayah Flobamorata. Sehingga masyarakat NTT yakin bahwa Negara hadir di NTT. Kami pastikan NTT tetap loyal terhadap Pemerintah Pusat serta mengapresiasi Bapak Presiden RI, Joko Widodo yang telah menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Wisata Super Premium di Indonesia.

“Dulu sebelum pak Joko Widodo menjadi presiden, daerah ini (Labuan Bajo) kurang diminati. Tapi setelah menjadi presiden, beliau menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dan kami turut berbangga juga sebagai gubernur. Selamat datang dan selamat menikmati alam indah NTT. Kami tak dapat membalas segala kebaikan pemerintah pusat akan tetapi kami tetap loyal dan taat Kepada pemerintah pusat,” jelas Gubernur VBL. (*/lya)

Baca Juga :  Angin Kencang Bongkar Puluhan Rumah di Malaka

Comments

comments