Lawan Covid-19, Ratu Wulla Sebut Perhatian Pemerintah Terhadap Sumba Masih Minim

0
349

KIBLATNTT.COM, TAMBOLAKA – Anggota Komisi IX DPR RI, Fraksi Partai Nasdem, Ratu Ngadu Bonu Wulla, ST terus melakukan pemantauan dan pengawasan di beberapa Puskesmas yang berada di Kabupaten Sumba Barat Daya dalam masa pencegahan penularan Covid-19, Jumat 24 April 2020. Dalam kunjungannya ini, Ratu Wulla menilai perhatian pemerintah dalam urusan penanganan Covid-19 di wilayah Sumba masih kurang.

Di beberapa Puskesmas yang dikunjungi Ratu Wulla seperti Puskesmas Elopada dan Puskesmas Watukawula mengeluhkan hal yang sama bahwa dalam menangani Covid-19 sangat minim Alat pelindung Diri (APD) dan bahkan berdampak pada petugas medis terinveksi Covid-19.

“Sebagai gardah terdepan melawan pandemi Covid-19, kami sudah harus siap. Sebagai petugas medis juga kami tetap siap melayani masyarakat. Tetapi sebagai manusia, tentu kami juga perlu kuatir, apa lagi sudah ada rekan kami diluar sana yang menjadi korban keganasan Covid-19 ini. Dengan keterbatasan APD, kami dari Puskesmas Elopada baru mendapatkan APD 5 pasang, sedangkan tenaga medis di puskesmas Elopada sebanyak 56 orang. Dan kami juga bertanggung jawab melayani di dua posko yaitu posko Kabupaten dan posko Kecamatan. Dengan keterbatasan ini, rasanya kami ingin menangis, tetapi apa daya kami hanya pasrah. Kami bersyukur saat ini dikunjungi oleh Ibu Ratu. Harapan kami semoga keluhan kami dapat terjawab,” jelas Kepala Puskesmas Elopada, Adriana Bili, Amd.Kep.

Baca Juga :  Gubernur VBL Lantik 15 Pejabat Eselon II

Petugas Medis di dua Puskesmas itu harus siap berkorban karena menggunakan APD yang tidak berstandar WHO. Bahkan informasi yang dihimpun, di Puskesmas Watukawula yang terletak ditengah Kota, baru mendapat bantuan APD berupa masker dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Ratu Wulla, ST sangat menyayangkan perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten, Provinsi dan Pusat yang masih minim. Ratu menyebut bahwa di dalam masa pencegahan pandemi Covid-19, Pemerintah harus sigap menanggulangi setiap persoalan yang dikeluhkan tim medis.

“Saya terima semua keluhan ini, doakan saya agar perjuangan saya di Kemenkes RI bisa terealisasi secepatnya. Saya sangat setuju dan mendorong tenaga medis dilakukan rapid test, bukan saja mereka yang terpapar corona virus,” katanya Ratu.

Ratu Wulla, ST yang duduk di Komisi IX juga membagikan sembako berupa telur ayam di Puskesmas Elopada, Puskesmas Watukawula, Gugus Tugas Kecamatan Wewewa Barat dan Posko Perbatasan Darat Gugus Tugas Covid-19 Sumba Barat Daya. Pemberian itu diharapkan Ratu dapat menambah daya tahan tubuh bagi gardah terdepan berperang melawan pandemi Covid-19 di NTT. Selain itu, Ratu juga menyerahkan bantuan profil tank kepada Kecamatan Wewewa Barat yang pernah dijanjikannya.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Subdenpom IX/1 - 1 Ende wakili Persekutuan Gereja Ebenhaezer Jakarta serahkan APD

Selanjutnya, Mantan Aktivis Ketua GMKI NTB 2003 itu membagikan sembako berupa beras, mie, minyak goreng, telur kepada lansia dan PMT balita dan Ibu hamil di sepanjang perjalanan sepulang dari kunjungannya.

“Senang bisa mendapat kesempatan untuk berbagi Kasih Sembako dan Masker kepada masyarakat sepanjang perjalanan. Kiranya itu menjadi berkat untuk kita semua,” pinta mantan Wakil Ketua KNPI Mataram. (Al)

Comments

comments