Mama Emi: Semana Santa Potensi Wisata Luar Biasa Larantuka

97
1728

Larantuka — Kota Larantuka dijuluki Kota Reinha atau Kota Bunda Maria. Sebagai ‘Vatikan’-nya Indonesia, Larantuka menyajikan wisata dengan nuansa religius, seperti tradisii Semana Santa yang berlangsung setiap tahun.

Banyak wisatawan asing dari berbagai negara yang sangat antusias mengikuti ritual rohani yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah dalam sejarah umat kristen-katolik tersebut.

Dalam acara puncak Semana Santa tahun ini Jumat (30/3/2018), Cawagub NTT nomor urut 2, Emilia Julia Nomleni, menyempatkan diri menghadiri tradisi religius tersebut.

Menurut Mama Emi, demikian dia disapa, Semana Santa merupakan prosesi kearifan lokal luar biasa yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga Larantuka.

“Semana Santa bisa menguatkan ekonomi warga sekitar kapela yang menjadi pusat kunjungan peziarah. Jadi bukan hanya industri perhotelan, tetapi lebih pada warga lokal,” ujar Mama Emi.

Pasangan Marnianus Sae ini menyarankan, pemerintah daerah harus mendorong warga setempat untuk memanfaatkan rumah-rumah sebagai salah satu penginapan para peziarah.

“Tak harus industri perhotelan namun wisatawan bisa nginap di rumah warga, dan tugas pemerintah memberikan stimulasi kepada warga sekitar agar warga diuntungkan secara ekonomi rumah tangga,” kata Mama Emi.

Baca Juga :  Sistem Perekrutan Calon TKI Harus Diubah

Dia menambahkan, selain rumah warga, Pemda juga harus mendorong kelompok-kelompok ekonomi kreatif untuk mempromosikan hasil karyanya. Hal ini perlu dilakukan karena dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga warga lokal. (tim)

Comments

comments