MUI NTT Keluarkan Panduan Sholat Jumat

0
81

KIBLATNTT.COM, KUPANG — MUI NTT telah mengeluarkan Ketetapan Pelaksanaan Ibadah Shalat Jum’at dan Normalisasi Aktifitas Masjid, Jum’at (5/6/2020).

Dimana umat muslim Terhitung hari ini, Jum’at 5 Juni 2020 Shalat Jum’at dan Shalat fardhu di masjid dilaksanakan kembali sebagaimana biasa dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan dan edaran Pelaksanaan New Normal yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Oleh karena itu mulai hari ini , Masjid Raya Nurussa’dah hari ini telah kembali melaksanakan shalat Jumat sejak sekira akhir Maret umat muslim tidak melasakankan shalat Jum’at berjamaah di masjid.

Para jemaah yang datang usai berwudhu mengantri di pintu belakang masjid. Setiap jemaah yang masuk ke dalam masjid mengenakan masker dan dicek suhu tubuhnya oleh petugas yang mengenakan face shield. Bila suhu normal maka jemaah dipersilahkan untuk masuk dan dibagikan masker gratis kepada jemaah yang tak mengenakan masker

Di dalam masjid pun setiap shaf telah diberi tanda silang (×) dengan isolasi hitam untuk menjaga jarak ketika pelaksanaan shalat berlangsung. Tanda tersebut tidak boleh diisi oleh jemaah. Para jemaah pun patuh mengikuti protokol untuk tidak merapatkan shaft saat melaksanakan shalat.

Baca Juga :  Walikota Ancam Pecat Kadis Perhubungan dan Staf

Saat shalat akan dimulai ada jamaah yang menyemprotkan antiseptik sebelum meletakkan sajadahnya. Shalat jumat pun berlangsung penuh hikmat.

Imam Masjid Raya Nurussa’dah Fontein Kupang, H Muhammad Djafar, mengatakan hari ini Masjid Raya telah melaksanakan shalat Jumat berjamaah dengan tetap menerapkan phsycal distancing. Para jamaah memakai masker, sebelum masuk ke dalam masjid suhu tubuhnya dicek terlebih dahulu dan menjaga jarak.

“Masyarakat NTT, sudah rindu ke tempat-tempat ibadah, ke masjid, ke gereja untuk melaksanakan ibadah. Hari ini umat muslim sudah bisa melaksanakan shalat jum’at di masjid berjamaah,” tuturnya.

Salah satu jamaah, Randi Loma, mengaku sudah sangat rindu shalat berjamaah di masjid, khususnya shalat Jum’at.

Ia sangat senang ketika mendengar informasi bahwa pelaksanaan shalat jum’at telah bisa dilaksanakan di masjid-masjid. Sehingga hari ini dengan tetap mengikuti protokol pemerintah ia bisa melaksanakann shalat jum’at di masjid.

Hal serupa juga disampaikan Apandi yang mengucap syukur tiada henti karena telah diperbolehkan kembali melaksanakan shalat di masjid, tidak hanya shalat jum’at tapi juga shalat fardhu. (*/lya)

Baca Juga :  Kondisi Kearsipan di NTT Kurang Menggembirakan

Comments

comments