Nyoman Siap Lanjutkan Kemajuan BI Perwakilan NTT

0
220

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru, I. Nyoman Ariawan Atmaja menyatakan siap untuk melanjutkan langkah-langkah positif yang sudah dilakukan pendahulunya, Naek Tigor Sinaga. Nyoman mengapresiasi capaian Sinaga dan siap melanjutkan progres yang ada untuk menjadi semakin baik.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, Jumat (27/9/2019) di Ballroom Hotel Aston, usai acara pengukuhan. Ia mengatakan ada Program-program baru yang akan didukung yakni pertama memberdayakan ekonomi umat yang kita disebut dengan ekonomi kerakyatan. Jadi pihaknya akan melibatkan seluruh gereja-gereja baik dari Katolik, maupun Kristen Protestan akan dijadikan sebagai lokus pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Saya kira pak Naek Tigor Sinaga sudah memasang landasan yang cukup baik terhadap pengendalian inflasi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan juga beberapa klaster yang sudah dibuat..jadi tentunya kita akan lanjo semua hal yang baik ini sehingga dia menjadi lebih baik lagi kedepan,” urainya.

Selanjutnya pihaknya akan bergandengan tangan dengan pemerintah maupun masyarakat untuk memanfaatkan tanah-tanah yang tidak kosong untuk diolah dan ditanami dengan komoditi holtikultura penyumbang inflasi sehingga inflasi di NTT terutama Kota Kupang dan Maumere akan terjaga lebih baik lagi. Kemudian yang ketiga akan dibentuk kelas pengembangan UMKM

Baca Juga :  Disperindag Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Hari Raya

“Program membangun usaha mudah-mudahan di tahun depan sudah mulai kelasnya. Biasanya kelas itu programnya tiga bulan dan itu bisa dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu karena Minggu ibadah. Selama tiga bulan jadi itu sekitar lebih kurang 80 orang setiap programnya sehingga orang itu bisa membangun usaha dalam tiga bulan. Untuk usaha ini kita akan mengajarkan bagaimana komitmen berusaha, bagaimana membuat usaha sampai dia membranding dan juga memasarkan produknya termasuk di dalamnya itu adalah kita akan link kan dengan perbankan sehingga pada saatnya dia sudah punya usaha di enam bulan dia sudah mendapatkan akses kepada perbankan untuk mendukung keuangan inklusif di NTT,” katanya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya akan membentuk tim elektronikfikasi untuk bekerja sama dengan provinsi dan juga pemerintah daerah sehingga elektronikfikasi di NTT dapat berjalan sebagaimana diharapkan dari target target nasional. jadi menurutnya itu adalah hal-hal yang akan dilakukan dan tentunya nanti akan bertambah seiring dengan assessment yang sedang dilakukan di BI.

Baca Juga :  VBL: Pendidikan NTT Harus Mampu Bersaing di Level yang Lebih Tinggi

“Tetapi lebih penting dari itu kami sangat mendukung program nya pak gubernur yaitu mengembangkan pariwisata di NTT. Jadi kami akan mendukung sekali apa yang menjadi visi NTT bangkit dan NTT sejahtera ini tentunya pariwisata sebagai prime mover ekonomi NTT akan didukung sepenuhnya,” ujarnya.(lya/oni)

Comments

comments