Pangdam IX/Udayana tinjau Baksos HUT TNI 2019

0
286

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P meninjau kegiatan bhakti sosial (Baksos) yang diselenggarakan Korem 161/Wira Sakti Kupang berupa kegiatan pasar murah dan donor darah yang diselenggarajan dalam rangka HUT ke-74 TNI tahun 2019, Rabu (18/9/2019). Dalam tiinjauannya, Pangdam didampingi Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Syaiful Rahman, Wadan Lantamal VII Kupang dan yang mewakili Danlanud El Tari Kupang.

Usai melakukan peninjauan ke lokasi baksos donor darah di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti Kupang, dan pasar murah di Lapangan Upacara Makorem 161/Wira Sakti, Pangdam bersama Danrem dan paraboejabat tinggi tiga Matra TNI di Kupang ini langsung bergeser untuk mengikuti kegiatan lainnya di Mapolda NTT.

Karena itu, kegiatan ini kemudian dibuka Kasrem 161/Wira Sakti Kupang, Kol Inf I Kadek Subawa, mewakili Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos.

Dalam sambutan tertulisnya, Danrem 161/Wira Sakti yang dibacakan Kasrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Syaiful Rahman mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas dukungan dan kerja samanya.

Baca Juga :  Umat Lintas Agama Jaga Perayaan Natal di SBD

“Terima kasih kepada seluruh komponen bangsa atas dukungan dan kerja samanya, sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa Donor Darah dan Pasar Murah dalam rangka HUT ke-74 TNI tahun 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan bakso ini dilaksanakan sebagainnagian dari kepedulian TNI terhadap pergumulan dan kesulitan yang dialami masyarakat, serta bagian dari dukungan TNI terhadap program pemerintah di bidang sosial.

“Kegiatan donor darah dan pasar murah ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI, selain untuk membantu meringankan beban masyarakat dan mendukung pemerintah daerah di bidang kesehatan dan bidang sosial, juga sebagai wujud kebersamaan guna memperkokoh Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” jelas Danrem.

Karumkit RST Wira Sakti dr. Aan Riswandi, Sp.PK. M.Kes selaku ketua seksi donor darah menyampaikan hasil pelaksanaan donor darah dari keluarga besar TNI, Polda NTT, BUMN Kupang, pihak perbankan di Kupang, BEM Universitas di Kupang, FKPPI NTT dan BLK Provinsi NTT ini, yang bekerja sama dengan PMI Kota Kupang, Dinas Kesehatan dan HAKKA NTT ini, berhasil mengumpulkan 438 kantong darah.

Baca Juga :  Yasinta Malo : Berkat Bimbingan Ratu Wulla, Kehidupan Saya Sejahtera

“Dari 520 orang yang mendaftar untuk ikut mendonorkan darahnya, 82 diantaranya tidak memenuhi syarat sebagai pendonor karena Hb rendah, tensi rendah dan tensi tinggi. 438 kantong darah tersebut terdiri dari golongan darah A sebanyak 130 kantong, golongan darah B sebanyak 126 kantong, golongan darah AB sebanyak 28 kantong dan golongan darah O sebanyak 154 kantong,” jelas dr. Aan.

Sementara itu, Pasi Komsos Sterrem 161/Wira Sakti Mayor Inf Laode Rahim selaku koordinator pasar murah menguraikan, panitia bekerja sama dengan sejumlah pihak dalam penyelenggaraan pasar murah.

“Di pasar murah ini panitia bekerja sama dengan PT Asabri, Pegadaian, PT Angkasa Pura, PT Pelindo III, OJK, PT PLN, Divre Bulog, BNI,BRI, Bank Indonesia dan PT Gudang Garam, menyiapkan 406 paket sembako yang terdiri dari Beras 5 Kg, Gula Pasir 1 Kg, Minyak Goreng 1 liter dan Mie Instan 2 bungkus bagi masyarakat tidak mampu” jelasnya.

Yeri salah satu masyarakat yang mengambil bagian dalam kegiatan pasar murah menyampaikan terima kasih kepada TNI dan semua lembaga yang ikut berpartisipasi atas diselenggarakannya kegiatan pasar murah ini.

Baca Juga :  Pemkab ‎Belum Maksimal Peduli Terhadap Korban Kebakaran

“Saya ucapkan terima kasih dengan adanya pasar murah ini, semoga kedepan ada lagi kegiatan semacam ini, sehingga saya bisa membeli Sembako dalam jumlah yang lebih banyak, atau bisa uang membelanjakan sisa uangnya untuk kebutuhan lainnya. Semoga TNI selalu jaya dan selalu siap membantu masyarakat,”pungkasnya.(lya/E1)

Comments

comments