Pasangan ULP-YHW adalah Paket yang Lengkap

0
104

KIBLATNTT.COM, WAINGAPU — Bakal pasangan calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Sumba Timur untuk Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 2020 saat ini adalah Bacalon yang lengkap dari sisi keahlian dan pengalaman untuk membangun Sumba Timur lima tahun ke depan. Masyarakat diminta untuk memantapkan pilihannya pada pasangan Umbu Lili Pekuwali,ST., MT-Ir. Yohanes Hiwa Wunu, M.Si (ULP-YHW).

Hal ini disampaikan Bacalon Bupati dari Paket ULP-YHW, Umbu Lili Pekuwali, ST., MT dalam kegiatan sosialisasi dan tatap muka bersama ribuan masyarakat di Kampung Malakatahadang, Desa Persiapan Ngala, Kecamatan Pahunga Lodu, Sabtu (22/8/2020). Dijelaskannya dirinya memiliki background pendidikan di bidang teknik dan pemerintahan sebagai Wakil Bupati Sumba Timur saat ini. Sedangkan Bacalon wakilnya, Ir. Yohanes Hiwa Wunu, M.Si memiliki pengalaman yang mumpuni di sejumlah bidang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

ULP menjelaskan jika masyarakat Sumba Timur dan perkenanan Tuhan keduanya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur untuk periode 2021-2026 dalam Pemilukada Kabupaten Sumba Timur yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, keduanya akan memberikan perhatian serius untuk peningkatan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor-sektor unggulan seperti pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan juga Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

“Saya punya pendidikan di bidang ke PU-an (Pekerjaan Umum) dan sebagai wakil bupati saya belajar mengelola pemerintahan. Sedangkan pak Jhon (Yohanis Hiwa Wunu) pengalaman sebagai kepala dinas hampir 15 tahun di bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan sehingga kami akan saling melengkapi memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sumba Timur,” tegasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Hadiri Penandatanganan MoU Pendampingan dan Pengawasan Akuntabilitas Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 di NTT

ULP menegaskan, khusus untuk Kecamatan Pahunga Lodu sendiri, dirinya melihat ada progres pertumbuhan ekonomi masayarakat yang sangat potensial sehingga patut untuk difasilitasi pemerintah menjadi lebih baik ke depan dengan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, dan juga bantuan hand traktor maupun bibit tanaman pertanian bagi petani.

“Kalau bapak-mama sekalian benar memberikan suara kepada kami pada 9 Desember dan Tuhan berkenan kami terpilih, jalan yang baik tidak boleh hanya yang ada di jalan negara. Tetapi di ibukota kecamatan Pahunga Lodu ini juga harus baik,” tegasnya.

Potensi pertumbuhan ekonomi yang ada di Pahunga Lodu menurutnya ditunjukkan dengan adanya usaha rumah makan dan pertokoan yang bertumbuh cukup cepat saat ini. Karena itu, pergerakan ekonomi ini harus di support dengan peningkatan infrastruktur dan UMKM, agar kehidupan ekonomi masyarakat makin bertumbuh baik.

“Tidak mungkin ada usaha warung makan maupun pertokoan disini kalau tidak ada prospek pertumbuhan ekonomi masayarakat,” tegasnya.
Bacalon Wabup, YHW pada kesempatan yang sama menegaskan sebagai ASN yang memiliki pengalaman di sejumlah dinas kemakmuran selama mengabdi di Sumba Timur, dirinya cukup mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Sumba Timur, sehingga akan mudah bagi dirinya untuk melayani masyarakat Sumba Timur jika dirinya dan ULP dipercayakan masyarakat untuk memimpin Kabupaten Sumba Timur lima tahun ke depan.

“Setiap tahun kita dari Dinas Pertanian kita adakan hand traktor sebanyak 150 buah, dan kalau kami terpilih kita tingkatkan jumlahnya agar semua kelompok tani yang membutuhkan bisa segera mendapatkan, sehingga produksi hasil pertanian bisa kita maksimalkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Wawali Terima Bantuan Standing Wastafel dari Pegadaian Syariah Cabang Kupang

Tokoh masyarakat setempat, Stefanus Meha Rangga mengucapkan terima kasih kepada ULP-YHW yang sudah berkenan hadir di tengah-tengah masyarakat setempat untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat. Karenanya dirinya dan warga masyarakat Pahunga Lodu umumnya dan khususnya masyarakat Desa Persiapan Ngala akan memberikan harga kepada ULP-YHW dengan memberikan suara pada 9 Desember 2020 mendatang di TPS masing-masing.

“Kami siap datang ke TPS untuk berikan suara dan menangkan ULP-YHW di Pahunga Lodu,” tegasnya disambut tepukan tangan dan teriakan dari ribuan massa yang hadir.

Sesepuh masyarakat Sumba Timur yang juga mantan Wakil Bupati Sumba Timur, Ir. Emanuel Babu Eha yang juga berkesempatan hadir pada kesempatan tersebut menegaskan dirinya mengikuti perkembangan proses Pemilukada Kabupaten Sumba Timur melalui media sosial, dan secara data dari pertemuan ke pertemuan yang dilakukan Bacalon ULP-YHW, menunjukkan bahwa pasangan ULP-YHW sudah ada di hati masyarakat, sehingga dirinya yakin ULP-YHW akan memenangkan persaingan untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur dalam Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 9 Desember 2020 mendatang.

“Ketenangan ULP-YHW dalam merespon semua tindakan dari kandidat lain yang selalu diterima dengan hati yang lapang, sudah memberikan garansi bahwa ULP-YHW akan menang. Jadi keseimbangan emosi ini harus tetap dijaga dan juga diturunkan sampai ke tingkat bawah,” tegasnya.

Ketua Harian Partai Golkar Kabupaten Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq menambahkan secara ego wilayah, pasangan ULP-YHW mewakili wilayah Timur dan Barat, sehingga kesatuan suara dari wilayah timur dan barat sudah memberikan modal untuk kemenangan ULP-YHW yang didukung dengan kerja keras dan antusiasnya masyarakat menghadiri pertemuan-pertemuan sosialisasi yang dilakukan ULP-YHW.

Baca Juga :  Danrem 161/WS Kupang Terima Kunjungan LPPM Universitas Pertahanan

“Kalau untuk wilayah Kota Waingapu, saya enam kali terpilih jadi anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur dari wilayah Kota, dan saya jamin kita bisa menang di Kota,” tegasnya.

Pantauan media ini, pertemuan keluarga di titik 460 ini menghadirkan lebih dari 1500 masyarakat dari Kecamatan Pahunga Lodu. Rombongan Bacalon dijemput di Mangili oleh ratusan anak muda dengan menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat, sehingga mengakibatkan kemacetan menuju ke titik pertemuan.

Pasangan ULP-YHW juga diterima dengan pengalungan kain tenun ikat Sumba, serta diiringi dengan bunyi gong dan tambur, serta tarian ibu-ibu setempat memasuki area tenda hingga ke depan panggung. Sejumlah anak muda Mangili yang tergabung dalam keluarga Mangili atau Kamang juga hadir dengan ikatan kain kuning di kepala bertulisan Kamang dan juga ULP-YHW. Diakhir pertemuan, ULP-YHW mendeklarasikan tim Kamang serta memberikan bantuan bola volley, net dan juga bola sepak kepada dua tim Kamang.

Selain masyarakat yang ikut ke titik pertemuan, ratusan warga masyarakat lainnya begitu antusias di sepanjang jalan dari Mangili hingga ke Ngalu untuk mengabadikan arak-arakan rombongan, dan melambaikan tangan tanda menerima dan mendukung pasangan ini maju dalam perhelatan Pemilukada Kabupaten Sumba Timur 2020 ini.(lya)

Comments

comments