Pemkot Kupang Canangkan Zona Integritas WBK WBBM

0
79

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Pemerintah Kota Kupang melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Kota Kupang.

Kepala bagian organisasi kota kupang, Hasan Nirwana, Kamis (5/10/2020) dalam laporan panitia mengatakan Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi no 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah beroperasi bersih dan melayani di lingkungan instansi pemerintah.

“Tujuannya untuk mencegah korupsi kolusi dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Mendukung sasaran reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang bersih akuntabel dan berkinerja tinggi birokrasi yang efektif dan efisien dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas, “katanya.

Sementara itu Wali Kota Kupang Jefirstson Riwu Kore pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan WBBM wilayah birokrasi bersih dalam melayani di lingkungan pemerintahan Kota Kupang adalah implementasi dari Kemenpan no 10 tahun 2019 tentang perubahan atas permen no 22 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju daerah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Terus Bekerja Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

“Yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan birokrasi yang bebas dari korupsi bersih dan melayani. Keberhasilan pembangunan zona integritas sangat dibutuhkan oleh masing-masing aparatur yang turut berperan dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas integritas dan organisasi dimana individu tersebut berada di dalam dan melakukan, “ujarnya..

Zona integritas sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam mencegah korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Oleh karena itu pencanangan kita pada langkah awal untuk mensukseskan reformasi birokrasi dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik efektif dan efisien,.”katanya.

Menurutnya, pencanangan ini juga merupakan Salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi birokrasi yang diamanatkan oleh kementerian pendayagunaan dan aparatur negara dan reformasi birokrasi dengan demikian melalui hal tersebut diamanatkan setiap perangkat daerah dan aparatur yang memiliki akuntabilitas dan kualitas kinerja yang semakin baik sehingga apa yang publik pelayanan yang berkualitas berhasil tuntas dan didukung serta mudah di akses dengan sendirinya maka terwujud.

Baca Juga :  Pemerintah Beri Bantuan Bagi Pelaku UMKM Hadapi dampak Pandemi Covid-19

Salah satu tahapan pembangunan zona integritas adalah dengan melakukan pencanangan zona integritas yang merupakan bentuk pernyataan pemerintah daerah bahwa perangkat daerah siap menyandang zona integritas dan sebuah pencanangan ini perangkat daerah sebagai unit zona integritas harus menjadwal rencana aksi yang sportif sesuai permen Pan dan RB no 10 tahun 2019.

“Saya tegaskan bahwa pembangunan zona integritas ini merupakan upaya penting yang harus di tanggapi secara serius khususnya oleh para pimpinan perangkat daerah dan jajarannya masing-masing. Komitmen kita bersama untuk menjadikan pemerintah kota Kupang menjadi zona yang terintegritas saya juga mengajak mengajak kepada semua pihak baik masyarakat maupun stakeholder lainnya untuk dapat memberikan dukungan dalam melaksanakan tugas pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani, “tegasnya. (lya)

Comments

comments