Pemkot Kupang Segera Luncurkan Tiga Program Unggulan

0
113

Pemerintah Kota Kupang akan segera meluncurkan lagi tiga program kepada masyarakat Kota Kupang, yaitu kebersihan lingkungan, penanganan krisis air, dan penataan taman yang ada di wilayah Kota Kupang.

Demikian dikatakan Wali Kota Kupang Jefry Riwu Kore, Kamis (26/9/2019) di Hotel Maya saat Coffee Morning dengan Wartawan. Ia mengatakan ada beberapa program pemerintah Kota Kupang yang berkaitan dengan program tanam pohon dan tanam air.

“Ada tiga program utama yang kami sebarkan pada masyarakat pertama kebersihan lingkungan, tanam pohon, dan tanam air.

Kemudian dalam tahun Pemkot Kupang sedang gencar dengan kebersihan karena mendapat juara tiga terkotor di Indonesia. Dalam beberapa waktu kedepan Pemkot juga akan launching yang namanya tanam pohon dan tanam air yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober atau November yang akan datang. Topik kedua yang akan Pemkot Kupang lakasanakan adalah mengenai penanganan krisis air bersih pada saat memasuki musim kemarau di Kota Kupang saat ini. Dan yang ketiga penataan taman di wilayah Kota Kupang.

Baca Juga :  RST Wira Sakti Naik Tingkat, Pangdam IX/Udayana Beri Apresiasi

“Program tanam pohon atau tanam air ini akan kami launching atau kami fokuskan sementara pada beberapa kelurahan. Jadi ada beberapa kelurahan yang full kita tanam yaitu kelurahan Naioni, Fatukoa, Belo, Sikumana ini tujuannya untuk supaya penanganan hutan yang terletak disana dan air yang bisa kita tangkap disana yang kita akan tanam disana pohon beringin,” katanya.

Ia menjelaskan Pemkot Kupang untuk tahap awal akan menanam pohon sebanyak dua ribu pohon yang tersebar di seluruh kota yang sudah di order dan dalam proses pengadaan.

“Pohon besar ada dua ribu pohon dan yang sedikit agak kecil itu sekitar tiga ribuan pohon jadi total yang kami adakan lima ribu pohon yang terdiri dari rambesi, Ketapang kencang, kelor, sepe, dan bunga kertas kalau bunga kertas itu untuk penataan di berbagai sudut kota supaya kita jadikan kota ini kota yang bagus dan itu sudah jalan,” tegasnya.

Ditegaskannya, saat ini Pemkot Kupang sedang menunggu waktu yang tepat untuk menanam pohon dan akan melibaykan semua lurah atau juga pemuda karang taruna untuk menyediakan lubang-lubang untuk ditanami bersama dengan dinas kebersihan. Disampingnya itu Pemkot Kupang juga menghimbau masyarakat dengan program yang namanya satu keluarga satu pohon, satu ASN satu pohon, satu rumah satu lubang resapan.

Baca Juga :  BNNP NTT Terus Lakukan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba

“Setiap keluarga itu satu pohon bukan satu anakan itu himbau satu keluarga satu pohon, satu ASN satu pohon jadi kalau dia kepala keluarga dia ASN dia harus tanam dua pohon. Anak-anak sekolah juga kita himbau untuk satu anak sekolah satu pohon
Melalui himbauan ini diharapkan mereka punya semangat untuk membantu pemerintah Kota Kupang jadi kita juga tidak memberikan panishmen tapi kalau ASN kita akan mengkaji untuk memberikan panishmen pada saat dia tidak bisa menanam pohon,” ungkapnya.

Masyarakat luas juga diharapkan bisa ikut terlibat dalam gerakan menanam pohon dan menanam air ini, sehingga Kota Kupang bisa semakin sejuk karena mengjijau dengan ribuan pohon yang ditanami oleh pemerintah, dan juga dukungan inisiatif masyarakat.

“Saya berharap tahun depan ini kita bisa mendapat anggaran sekitar sepuluh seribu pohon yang akan kita tanam di kota ini bayangkan dari Lasiana sampai terminal Kupang sekitar 12 ribu meter,” katanya.(lya/oni)

Comments

comments