Pemkot Kupang Selenggarakan Pelatihan Managemen Homestay

0
43

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Pemerintah Kota Kupang Melalui Dinas Pariwisata Kota Kupang menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Homestay, dengan tema “New Normal… Are you ready??”. Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H berkesempatan membuka kegiatan yang berlangsung di Hotel Neo by Aston Kelurahan Oesapa, Rabu (24/06) pagi.

Wali Kota Kupang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa saat ini perekonomian sedang menurun dan salah satu penyebabnya yaitu okupansi (tingkat hunian) pada hotel dan penginapan sangat rendah sekitar 1-2 persen disebabkan oleh Covid-19. Dengan dimulainya masa New Normal ditandai dengan akan di bukanya kembali tempat-tempat wisata dan pusat-pusat perekonomian maka kita dituntut harus mempunyai kesiapan secara baik. Untuk itulah penyelenggaraan pelatihan manajemen homestay melalui Dinas Pariwisata Kota Kupang perlu dilakukan.

Lanjutnya, pelatihan seperti ini merupakan salah satu strategi Pemkot untuk menaikkan ekonomi akibat pandemi yang imbasnya tidak hanya di Kota Kupang tapi sevara global, karena itu Wali Kota memandang kegiatan ini cukup strategis bagi pemerintah dan pelaku pariwisata terutama bagi penyedia jasa pariwisata seperti pengelola homestay dalam mempersiapkan diri menghadapi masa new normal, yang diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Baca Juga :  Anggota DPR RI Bagikan Paket Sembako Kepada Wartawan di Kupang

Mengakhiri sambutannya, Wali Kota memberi penjelasan singkat tentang beberapa hal penting yang menjadi prioritas dalam pengembangan pariwisata yaitu persiapan sumberdaya manusia yang bagus dan kredibel disertai dengan pelayanan prima, peningkatan kerja sama antara pelaku jasa pariwisata dan pemerintah dalam meningkatkan penyediaan akomodasi serta fasilitas pendukung lainnya serta yang paling utama adalah memperhatikan penerapan protokol kesehatan agar di laksanakan dengan baik.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Kupang, Margaritha Salean, S.H., M.AP dalam laporan panitinya menyampaikan bahwa Pelatihan Manajemen Homestay di Kota Kupang diselenggarakan untuk mendukung peningkatan kualitas tata kelola manajemen Homestay / Pondok Wisata atau rumah wisata guna meningkatkan pelayanan, daya tarik wisata dan meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pariwisata di dalam menghadapi era new normal. Pelatihan akan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 Juni 2020 dan diikuti oleh 45 peserta para pengelola homestay yang berada di Kota Kupang.

Lebih lanjut, dikemukakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah sebagai pengembangan atau pembinaan tata kelola manajemen homestay / pondok wisata atau rumah wisata dalam mempersiapkan diri menghadapai era New Normal serta mendorong pelayanan prima menghadapai era new normal dengan mengedepankan protokol Covid-19.

Baca Juga :  Wagub Ajak Masyarakat Galakkan Revolusi Hijau

Turut hadir m mendampingi Wali Kota Kupang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si., Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kupang Ernest Ludji, S.STP., M.Si. serta Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Kupang, Drs. Matheus Eustakhius.

Tampil sebagai pembicara atau narasumber antara lain, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yanuar Dally, S.H., M.Si, Praktisi Ekonomi Dr. Fritz Oscar Fanggidae, M.Si., M.EP., Kepala Pusat Studi Kebudayaan dan Pariwisata Undana, Dr. Marsel Robot, M,Si., Ketua Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Kupang, Sari Bandaso Tandilino, S.E., M.M., dan Pengamat Pariwisata, Winston Neil Rondo, S.Pt.(*/lya)

Comments

comments