Penderita HIV/AIDS di Kota Kupang Capai 1.511 Orang

0
430

Kupang — Pola asuh keluarga menjadi dasar pembentukan karakter guna mencegah anak terhindar dari bahaya HIV-AIDS dan
Narkoba.

Demikian dikatakan Ketua Kelompok Kerja I Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pokja PKK), Nusa Tenggara Timur (NTT), Balqis Soraya, Kamis (22/8), saat membuka sosialisasi HIV /AIDS dan Narkoba di rumah jabatan Wali Kota Kupang.

Dikatakannya bahwa berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), adanya informasi narkoba jenis baru yakni permen narkoba yang menyasar anak dan generasi muda seperti Lolipop Cannabis, Permen Magic Pop, Red Ice dan Yaba, Strawberry Qiuck, berbentuk permen karet dan Lyseroig Acid Diethylamide (LSD).

Sedangkan terkait HIV-AIDS di Kota Kupang yang fluktuatif disebabkan adanya mobilisasi sosial dengan korban penderita pada usia produktif termasuk ibu rumah tangga.

Dirincikannya, data KPA HIV-AIDS Kota Kupang, total penderita HIV-AIDS tercatat HIV sebanyak 1.069 dengan rentang usia produktif 24–49 tahun dan AIDS 442 kasus total 1.511 dengan jumlah laki-laki 903 dan perempuan 608.

Menurutnya bahwa sosialisasi dan pendidikan massa bagi generasi muda secara masif menjadi salah satu upaya mencegah penyebaran HIV-AIDS sekaligus peningkatan pemahaman tentang bahaya HIV-AIDS dan Narkoba.

Baca Juga :  TPPO Adalah Masalah Kompleks Beragam Modus

“Kalau hari ini saya mengundang 200 orang bagaimana kalau satu mendapat dua sudah begitu banyak menjadi corong- corong komunikasi informasi edukasi tentang bahaya HIV/AIDS dan Narkoba,” ujarnya. (lya)

Comments

comments