Peran Pendamping Penting Dalam Meningkatkan Mutu Hidup ODHA

0
136

Kupang — Peningkatan mutu hidup orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) serta mitigasi dampak sosio-kultural ekonomi pada orang yang tertular dan yang terdampak HIV/AIDS termasuk dalam strategi utama penanggulangan AIDS di Indonesia, begitu pula di Kota Kupang.

Demikian dikatakan Wakil Walikota Kupang Hermanus Man saat membuka Pertemuan KPA dan Pendamping Orang HIV Dari WPA Se-Kota Kupang di aula Rujab Walikota Kupang Kamis (9/8/2018).

Dikatakannya, bahwa Peran dan dukungan pendamping sangat penting, mengingat metode ini merupakan metode yang paling banyak dipraktekkan dalam upaya peningkatan mutu hidup ODHA di Indonesia.

“Dukungan pendamping ODHA dirasakan banyak pihak dapat memberi manfaat yang bermakna oleh karena itu saya menyambut baik kegiatan ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, penyelenggaraan pertemuan pendamping ODHA tingkat Kota Kupang merupakan upaya untuk mereview kembali hal-hal yang telah dicapai maupun hal-hal yang harus diperbaiki kedepan sekaligus sebagai wadah untuk bertukar informasi untuk meningkatkan pemahaman dan pengertian bagi para pendamping ODHA dalam menangani maupun bersosialisasi dengan para ODHA dengan memiliki pemahaman yang baik dalam berbagai aspeknya baik pisik maupun psikologis, maka penanganan ODHA dapat di laksanakan dengan optimal dengan mempertimbangkan kepentingan dan kebutuhannya.

Baca Juga :  Sistem Perekrutan Calon TKI Harus Diubah

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat merumuskan rekomendasi dalam upaya perbaikan pelayanan bagi ODHA,” katanya. (lya/qi)

Comments

comments