Perusahan Diwajibkan Bayar THR

234
5418

Kupang — Berdasarakan Surat Edaran (SE) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomor 2 tahun 2018, serta SE Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Nakertrans tentang pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan, mewajibkan pihak pemberi pekerjaan atau Perusahaan harus membayar THR paling lambat tujuh hari sebelum hari raya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kupang, Goza Yohanes, Rabu (6/6/2018).

“Paling lambat Tujuh hari sebelum hari raya, pihak perusahaan atau pemberi kerja sudah harus memberikan THR kepada para karyawannya,” jelas Goza.

Untuk Kota Kupang katanya, pembayaran THR kepada karyawan oleh perusahaan akan dilakukan pada Jumat, 8 Juni 2018 yang akan dipantau secara langsung oleh Dinas Nakertrans sehingga perusahaan yang telat memberikan THR akan dikenakan sanksi berupa denda.

Menurut Goza Yohanes, saat ini pihaknya telah mengirim surat serta himbauan termasuk instruksi Walikota kepada seluruh perusahaan di Kota Kupang terkait pembayaran THR. “Kami juga telah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dibeberapa titik strategis di wilayah Kota,” jelasnya.

Baca Juga :  Mau Tahu Besar Sumbangan Untuk Korban Kampung Tarung Hingga Saat ini?‎

Ditambahkannya bahwa sesuai amanat UU Ketenagakerjaan, pembayaran THR oleh perusahan diberikan berupa satu kali gaji. Sedangkan bagi karyawan yang bekerja dibawah satu tahun maka jumlah bulan kerjanya akan dibagi dengan 12 dikalikan upah minimum. (lya/qi)

Comments

comments