Semua Faskes Tetap Beraktivitas Selama Hari Libur

6
366

Kupang — Seluruh rumah sakit baik negeri maupun swasta di 22 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan selama hari libur.

Hal ini dikatakan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan NTT, Emma Simanjuntak Senin (5/6/2018).

“Kami sudah mengeluarkan edaran ke semua dinas kesehatan kabupaten/kota dan rumah sakit untuk mensosialisasikan Permenkes 4 tahun 2018 tentang kewajiban rumah sakit dan kewajiban pasien,” katanya.

Emma menegaskan, fasyankes tidak boleh menolak pasien. Bahkan pasien yang tidak punya kartu JKN-KIS pun tetap dilayani. Fasyankes akan melayani sesuai dengan kemampuannya, sehingga yang tidak bisa dilayani pasti akan dirujuk. “Selama liburan panjang tidak ada kata libur bagi fasyankes,” tegasnya.

Kadis Kesehatan Kota Kupang, dr. Ari Wijana mengatakan, sesuai edaran Wali Kota Kupang ada beberapa institusi yang selalu stand by selama liburan. Untuk itu, 11 puskesmas di Kota Kupang akan tetap beraktivitas pada hari libur selama empat jam. “Khusus untuk teman-teman muslim diizinkan untuk cuti bersama,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkot Dukung Aksi Bersih-bersih Pantai dan Laut

Untuk kasus-kasus emergenci, katanya, Brigade Kupang Sehat (BKS) akan siaga 24 jam. “Untuk antisipasi ada kejadian luar biasa, maka di dinas akan tetap buka posko,”ungkapnya.

Ketua Persi Cabang NTT, drg. Dominikus Mere mengatakan, pelayanan kesehatan itu adalah hak asasi. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini rumah sakit yang tergabung dalam Persi harus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk pada hari libur. “Seluruh aktivitas pelayanan kesehatan harus tetap berjalan,” kata mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Ende itu.

Direktur RSUD WZ Johannes itu mengatakan, PNS khususnya tenaga medis mesti sadar bahwa libur hari raya idul fitri hanya tanggal 15-16 Juni. Sedangkan hari yang lainnya dihitung sebagai hari cuti untuk PNS. Dengan demikian, apabila PNS sudah mengambil libur di hari raya idul fitri selama delapan hari, maka haknya untuk mendapatkan cuti tahunan tinggal empat hari.

Selanjutnya Direktur RSU Leona Kupang, dr. Sienny berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama hari libur idul fitri. “Kami setiap harinya pasti tetap melakuakn pelayanan 24 jam. Khusus untuk libur lebaran, kami berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” ungkap dr. Sienny. (lya/qi)

Baca Juga :  Kesejahteraan Keluarga Dipengaruhi Banyak Faktor

Comments

comments