Tielman : Setiap Hari Rabu, Kami Belajar Bahasa Inggris

0
186

Kupang — Sejak diberlakukannya Pergub terkait penggunaan Bahasa Inggris pada setiap hari Rabu, maka Badan Perpustakaan mulai memberlakukan hal itu.

“kebetulan ada teman di kantor yang bisa berbahasa Inggris, sehingga setiap pagi kita sisihkan waktu sekira satu jam khusus untuk belajar secara intern,” kata Kepala Badan Perpustakaan NTT, Frederik Tielman, Selasa (12/2/2019).

Dikatakannya bahwa tahun 2017 silam pernah dilakukan kursus Bahasa Inggris untuk masyarakat, namun saat ini mengalami kendala dengan banyaknya komputer layanan yang rusak sehingga tidak dilaksanakan lagi.

Namun katanya, mereka akan berusaha agar kelak bisa dilaksanakan kembali jika nanti tahun ini ada penambahan perangkat komputer.

Dijelaskannya bahwa Badan Perpustakaan memiliki perpustakaan Kelurahan Binaan di Oepura kerjasama Cocacola Fondesin, yang mana diberikan kemudahaan bagi anak-anak untuk kursus Bahasa Inggris secara gratis.

Sementara untuk Perpustakaan desa tersebar di lima kabupaten, sepuluh desa/kelurahan yang jadi semacam perpustakaan contoh mereka yang selama ini sudah dilatih, dibina, dibantu juga dengan peralatan komputer dan akses internet yang bisa mengembangkan usaha-usaha potensi yang ada disekitar desa.

Baca Juga :  Kadis Perindag Minta Kontraktor Pasar Radamata Bekerja Dengan Benar

Lima kabupaten yang memiliki perpustakaan desa yakni TTU, Sumba Barat Daya, Alor, Ende dan Sikka. Namun secara keseluruhan sudah dikembangkan sekitar 16 desa dengan biaya dari kabupaten dan juga kerja sama dengan BUMN.

“kita selalu mendorong agar perpustakaan desa betul-betul bisa menjadi pusat belajar masyarakat. Kita harapkan kabupaten bisa memberi perhatian terhadap perpustakaan desa apalagi dana desa juga besar sehingga dana desa itu juga sudah bisa di gunakan untuk pengelolaan perpustakaan,” ungkapnya. (lya/qi)

Comments

comments