Tiga Dinas Terima Sertifikat SNI ISO 9001:2015

0
162

Tiga dinas pada Pemerintah Kota Kupang melakukan serah terima sertifikat SNI ISO 9001:2015 dan penandatanganan perjanjian kerjasama penerapan sistem manajemen mutu antara badan standardisasi nasional dan Pemerintah Kota Kupang TA.2020 di Hotel Ima Kupang Senin (9/3/2020). Tiga dinas yang menerima Sertifikasi SNI ISO Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, Sekretariat Daerah Kota Kupang, dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kupang.

Direktur Komersial PT. Sucofindo, Herdiana Dewi mengatakan masyarakat mengharapkan adanya peningkatan layanan yang bermutu, berstandar, cepat, transparan, mudah dan akuntabel terhadap berbagai layanan publik Pemerintah kepada masyarakat termasuk masyarakat di Kota Kupang.

“Saat ini masyarakat semakin sadar bahwa waktu adalah hal yang berharga sehingga menginginkan pelayanan yang cepat, prima, ramah dan siap membantu masyarakat kapanpun dan dimana pun. Selain itu masyarakat semakin selektif menentukan tempat pelayanan yang bersih, aman, nyaman dan kondusif memberikan pelayanan yang di butuhkan. Ini sejalan dengan penerapan smart city di kota Kupang ini. Untuk itu kami memahami keinginan pemerintah Kota Kupang yang ingin meningkatkan pelayanan publiknya sehingga menjadi pelayanan yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Kupang, “kayanya.

Oleh karena itu kami PT Sucofindo sebagai perusahaan milik negara dan BUMN yang begitu layaknya jasa inspeksi kemudahan sertifikasi, konsultasi dan perhatian siap membantu pemerintah Kota Kupang dalam memenuhi keinginan Wali Kota Kupang untuk memiliki pelayanan publik yang prima.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kota Kupang dalam hal memastikan pelayanan yang bermutu tersebut melalui sertifikasi yang mengacu pada sistim manajemen ISO 9001:2015 dengan keuangan lingkup sebagai berikut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kupang dengan ruang lingkup pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, surat kematian, dan surat perkawinan. Sekretaris Daerah Kota Kupang dengan ruang lingkup proses pengurusan kenaikan gaji berkala secara elektronik (EKGB). Rumah Sakit Umum Daerah S.K.Lerrik dengan ruang lingkup pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan adanya sertifikasi materi SNI ISO 9001:2015 kami berharap lembaga tersebut selalu tetap memiliki konsiten untuk menjaga dan memelihara sistim manajemen mutu, “ujarnya.

Baca Juga :  Dosen Teknik Bilang Campuran Tidak Sesuai Spek, PPK Bantah

Mengikuti dan mematuhi seluruh standar dan regulasi terkait. Semangat dan kontinyu perbaikan secara berkelanjutan. Meningkat kepuasan pelanggan dan selalu melakukan inovasi agar pelayanan yang diberikan selalu tetap prima.Proses sertifikasi ini diperoleh tidak muda diawali dengan memberikan proses dan dilakukan oleh lembaga pemilik kerja tersebut dan setelah melalui seluruh proses dan tahapan audit yang dilakukan maka ketiga organisasi tersebut dapat memenuhi seluruh persyaratan SNI ISO 9001:2015

“PT Sucofindo mengucapakan selamat kepada pemerintah Kota Kupang khususnya Wali Kota Kupang beserta jajarannya atas keberhasilanya dalam mendapatkan sertifikasi sistim manajemen ISO 9001:2051
PT Sucofindo adalah perusahan yang terdepan dan terpercaya di Indonesia akan selalu siap untuk memberikan dukungan untuk Kota Kupang dalam lingkup sertifikasi dan jasa-jasa lain yang kami miliki, “ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Kupang, Jefry R Riwu Kore dalam sambutannya mengatakan satu acara yang sangat luar biasa hari ini karena ada Bambang Prasetya dan Herdiana Dewi yang mengantar kita pada suatu proses akhir dari anak-anak kita yang kita sudah bina dari tahun 2018 yang lalu ini salah satu acara puncak dari berbagai kegiatan yang sudah dikerjakan oleh Bambang dan seluruh jajarannya dan yang paling capek adalah teman-teman kita yang tadi berdiri didepan yang luar biasa

Baca Juga :  Tidak Urgen, Tujuh Usulan Ranperda Kota Kupang Ditunda

“saya tidak sebut satu persatu mereka bekerja sangat sungguh-sungguh, bekerja sangat luar biasa dan bekerja diluar jam kerja yang tidak kita tentukan untuk memastikan bahwa manajemen mutu yang akan kita terapkan di Kota Kupang ini bisa berjalan dengan baik kita tahu betul bahwa ini bukan segala-galanya. Artinya masih banyak kendala-kendala yang kita hadapi walaupun kita sudah dapat ISO ini tepati sudah barang tentu tetap kita bekerja sama menjaga supaya apa yang menjadi sertifikat kita dapat hari ini bisa kita pertanggungjawaban sungguh-sungguh kepada masyarakat, “tegasnya.

Ada satu yang menjadi harapan kami, cita-cita kami yang mungkin akan kami ungkapan dalam tahun depan yaitu sistim manajemen anti penyuapan ini salah satu rencana kami kedepan supaya bisa benar-benar cctv kalau bisa di terapkan bukan berarti 100 persen tidak ada itu tapi kita membuat indikator-indikator supaya penyuapan itu hilang kendali di Kota Kupang.

“Visi kita adalah bagaimana memberikan pelayanan sungguh-sungguh kepada masyarakat sejak kami menjadi Wali Kota Kupang tahun 2017 akhir.
Pada awalnya kami sudah berusaha mencari peluang-peluang kerja sama dengan PSN untuk memastikan pelayanan Kota Kupang berjalan dengan baik dan benar. Berbagai kendala yang kita hadapi dalam memastikan pelayanan publik ini berjalan dengan baik. Tetapi kita tau betul bahwa kita kadang-kadang ASN ini kalau tidak di dorong luar biasa dia akan tetap begitu terus oleh karena itu kami minta dorongan dari PSN untuk memastikan organisasi kita ini benar-benar baik dan berjalan dengan sukses untuk pelayanan publik, “ujarnya.

Baca Juga :  Perekonomian NTT Tumbuh Sebesar 5,09 Persen

Kami tau betul bahwa di Kota Kupang banyak layanan publik yang masih tanda petik jauh dari harapan, jauh dari sempurna tapi kenapa tidak bisa diam tetapi terus berjalan kita bukan hanya membuang infrastruktur jalan, drainase taman dan sebagai tapi infrastruktur pelayanan publik ini salah yang paling penting harus kita kerjakan

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya mengatakan tidak bisa kita melupakan standar-standar yang menjadi pakam baik untuk Internasional maupun Nasional.

“Saya ucapkan selamat tiga Dinas Sudah nanti.menyusul tahun depan lima Dinas insyaallah, “katanya.

Menurutnya SNI ISO 9001:2015 kalau di Jakarta anak milinial itu mengatakan hari gini gak pakai ISO 9001:2051 itu gak gaul kalau bahasa globalnya siap mendalami dan mana yang berlakukan ISO 9001:2015 yang paling banyak maka negara itu seperti apa itu bisa kita lihat itu pergaulan new city terhadap pelayanan publik, meningkatkan efisiensi kalau sudah pelayanan publik bagus, efisiensinya bagus maka besok akan berdatangan karena sangat percaya menghadapai suatu pemerintahan daerah dan itu akan menjadi cita-cita bersama bagaimana membangun ekonomi Kupang sebagai hak Indonesia Timur.(lya)

Comments

comments