Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang Terus Lakukan Tracing Data Pasien Positif

0
68

Tim dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang hingga hari ini, Senin (18/5/2020) masih melakukan penelusuran kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berinisial FK, RMM, FB dan ZP.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest S. Ludji, mengatakan hasil yang didata sebanyak 258 orang, 229 diantaranya telah di lakukan rapid test dan swab tenggorok. Yang dinyatakan OPD sebanyak 35 orang sedangkan OTG berjumlah 169 orang. Sedangkan terkait pasien positif berinisial SI yang dirawat di RS Bhayangkara Drs. Titus Ully penelusuran kontak erat dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu. Seluruh hasil dari pelaksanaan tracing atau penelusuran kontak erat pasien positif akan diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT.

Berdasarkan data yang dilansir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, dari 2576 orang pelaku perjalanan, 393 orang dalam pantauan, bertambah 5 orang sejak kemarin, Minggu (17/5)). Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 294 orang, selesai dipantau berjumlah 168 orang, dan yang sementara dipantau masih 126 org, masih sama seperti kemarin. Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) naik sebanyak 4 orang menjadi 12 orang, 4 orang masih dirawat, 7 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Jumlah orang tanpa gejala (OTG) juga tidak mengalami perubahan, dari 79 orang OTG, 75 orang masih dalam pemantauan, 4 orang lainnya telah selesai dipantau.

Baca Juga :  KASAD Minta Setiap Komandan jaga Masa Depan Perwira Muda

Menyikapi situasi pandemik yang terjadi, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP., M.Si. menyampaikan agar masyarakat tetap waspada dan menjaga pola hidup sehat, termasuk menjaga pola tidur, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Karena kurangnya waktu tidur akan membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit.

Selain itu perlu untuk perbanyak konsumsi makanan nabati, seperti sayur, buah, hingga kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Zat-zat tersebut akan membantu sistem imun tubuh melawan virus dan bakteri. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Konsumsi air putih juga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh.

Dari data terbaru menunjukkan hingga hari ini, Senin (18/5/2020) tidak ada pertambahan kasus positif. Jumlah kasus positif 15 orang, 6 diantatanya telah dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia, 8 orang lainnya masih dalam perawatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Yohanes dan RS Bhayangkara Drs. Titus Ully.(*/lya)

Baca Juga :  Menkominfo dan Wagub Pimpin Rakor Pembangunan Infrastuktur Telekomunikasi

Comments

comments