TP PKK Kota Kupang Selenggarakan Pelatihan Home Care

0
196

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Tim Penggerak (TP) PKK Kota Kupang melalui kelompok kerja (Pokja) IV menyelenggarakan pelatihan kader paliatif atau Home Care tingkat Kota Kupang tahun 2019. Kegiatan ini akan berlangsung selama enam hari (Senin-Sabtu, 25-30/11/2019).

Ketua Pokja IV TP. PKK Kota Kupang, Jane Fransiska, Senin (25/11/2019) di Hotel Maya Kupang. Ia mengatakan
Seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan gaya hidup, dan pola makan,maka semakin banyak orang yang mengalami penyakit kronis bahkan di usia yang masih muda. Dari data yang dimiliki oleh WHO, diketahui ada 38 juta orang yang meninggal dunia setiap tahunnya karena mengidap penyakit tidak menular. Tingginya tingkat kematian ini,membuat Who menyatakan bahwa setiap orang di dunia berhak untuk mendapatkan perawatan yang paling baik walaupun di masa masa akhir hidupnya, WHO menyarankan perawatan paliatif sebagai solusinya.

Meski pengobatan biasanya bertujuan untuk menyembuhkan penyakit, namun perawatan paliatif memiliki tujuan yang sedikit berbeda. di mana perawatan paliatif merupakan perawatan yang bisa didapatkan para pasien yang menderita penyakit kronis dengan stadium lanjut, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Peningkatan hidup dilakukan dengan cara pendekatan dari sisi psikologis, psikososial, mental serta spritual pasien, sehingga membuat pasien lebih tenang, bahagia, serta nyaman ketika menjalani pengobatan.

Baca Juga :  Hadiri Pawai Etnis Paskah, Mama Emi Ajak Syukuri Keberagaman

Adapun tujuannya guna menghasilkan kader-kader paliatif yang handal dan terlatih dalam melaksanakan perawatan paliatif, serta harapannya ke depan dapat terbentuk tim paliatif kota Kupang yang siap melayani warga Kota Kupang yang membutuhkan perawatan paliatif.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 30 orang peserta, dengan latar belakang pendidikan kesehatan dan masyarakat awam. Para peserta dimasuk terseleksi dari 56 Orang calon peserta dan telah melalui tahapan seleksi administrasi, wawancara dan psikotes yang dilaksanakan sejak awal November hingga Jumat 22 November 2019.

Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode materi dan praktikum, dan didukung oleh narasumber yang berasal dari Yayasan Kanker Indonesia ( YKI) pusat, Rumah Sakit Baptis Kediri, RSUD Prof. Dr. W.Z Johanes Kupang, Rumah Sakit Siloam Kupang, Klinik King Care dan pengurus TP. PKK Kota Kupang

Sementara itu Wali Kota Kupang Jefrry Riwu Kore dalam sambutan mengatakan paliatif (Home Care) yang di gagas oleh tim penggerak PKK Kota Kupang suatu perbuatan luar biasa dalam penanganan langsung penanganan terhadap berbagai penyakit atau penangan terhadap saudara-saudara kita dalam tanda petik sudah tidak punya harapan hidup. Biasanya itu orang-orang yang sudah mau lewat.

Baca Juga :  Tahun 2019, Pembangunan PLTMG 10 MW Dimulai

“Fungsi utamanya adalah bagaimana membantu mereka memberikan rasa bahagia, sejahtera.Hal yang diupayakan dan dibentuk secara resmi satu terobosan yang sangat penting oleh kita dan tidak banyak bisa melaksanakan terobosan seperti itu. Penanganan terhadap saudara-saudara kita yang tidak punya harapan lagi menjadi salah satu perhatian dari pemerintah Kota Kupang. Jadi itu tidak hanya mengenai kesehatan, penyembuhan penyakit dan sebagainya tapi sosialnya juga bisa kita catat bahwa kita pemerintah memberikan perhatian khusus mereka..
Oleh karena itu kita harus mendidik kader-kader kita orang-orang yang punya hati untuk menangani orang-orang ini atau punya niat untuk membantu masyarakat, “katanya.

Menurutnya mungkin saja banyak orang yang mau tapi niat dan sungguh- sungguh, melayani dengan sungguh-sungguh tidak banyak.

“Bapak-bapak dan ibu-ibu ini adalah bagian dan tanggung jawab kita sebagai manusia yang Tuhan tempatkan di Kota ini untuk membantu saudara-saudara kita yang lain.Kita tidak bisa hanya berpikir bahwa bagaimana kita mendapatkan uang pelayanan ini untuk melayani saudara-saudara kita yang sudah tidak punya harapan hidup, “tegasnya.

Baca Juga :  Bayi Wajib Didaftarkan ke BPJS

Ini adalah salah satu terobosan pemerintah Kota Kupang lewat PKK yang lebih khususnya Pokja Kesehatan.

“Kita lebih mempromosikan ini supaya bisa dipakai pemerintahan Kota Kupang
Tadi saya bilang ke ibu Wakil tim penggerak PKK lebih baik kita biayai saudara-saudara kita yang begini dari pada yang tidak jelas organisasi-organisasi. Dan saya dukungan penuh kegiatan ini, “ungkapnya.(lya)

 

Comments

comments