Wali Kota Kupang Apresiasi Layanan Lapak Asik BP Jamsostek

0
265

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Wali Kota Kupang, DR. Jefri Riwu Kore, M.M., M.H., apresiasi Layanan LAPAK ASIK BP Jamsostek, saat dirinya meninjau langsung pelayanan BP Jamsostek NTT di Jl. W. J Lalamentik, No. 88, Oebufu, Kupang. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan luarbiasa dalam melayani masyarakat Kota Kupang.

“Kita tahu bahwa kondisi ekonomi kita pada saat ini sedikit menurun. Pandemi Covid berdampak luarbiasa terhadap turunnya pendapatan masyarakat dan barang tentu juga berdampak pada bidang ekonomi lainnya. Disini peran BP Jamsostek sebagai saudara-bersaudara untuk terus saling membantu,” harapnya.

Kepada Wali Kota, Kepala BP Jamsostek NTT Armada Kaban menjelaskan, layanan di kantor BP Jamsotek menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Mengadaptasi new normal pada saat ini BP Jamsostek tetap berkomitmen memberikan pelayanan kepada peserta. Pelayanan kepada peserta tetap mengedapankan protokol kesehatan. Peserta dilayani dengan Protokol LAPAK ASIK yaitu Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) yang terdiri dari kanal online, offline, dan kolektif

Baca Juga :  Syaiful Rahman Tinggalkan Korem 161 dengan Penuh Haru

Layanan offline yaitu layanan langsung di Kantor Jamsostek dengan mengikuti protokol kesehatan seperti mengunankan masker, diukur suhu tubuh dan wajib cuci tangan. Lapak Asik offline ini tetap tidak mempertemukan petugas BP Jamsostek dan peserta secara langsung. Kantor cabang BP Jamsostek menyediakan meja-meja yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data. Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) melayani empat sampai enam orang sekaligus dalam waktu bersamaan, sehingga metode pelayanan ini disebut “One to Many”.

Yang kedua, layanan antrian online yaitu Protokol Lapak Asik yang telah diperkenalkan sejak tahun 2018 lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Peserta tidak perlu lagi repot mengantri hanya untuk mencari tahu berapa besar jumlah saldo JHT nya di BP Jamsostek. Selain itu peserta juga akan dimudahkan dengan kepastian tanggal dan waktu pelayanan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan. Persyaratan dokumen cukup di upload pada link yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  KIP NTT Perkenalkan diri Kepada Masyarakat

Yang ketiga, BP Jamsostek memberikan kemudahan klaim bagi peserta melalui kanal Lapak Asik kolektif. Fasilitas ini ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya. Dengan adanya klaim kolektif ini pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK dengan menunjuk satu orang perwakilan.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Wali Kota meminta BP Jamsostek untuk tetap terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Kupang.(*/lya)

Comments

comments