Wali Kota Kupang Kukuhkan BP IKMC NTT

0
253

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Wali Kota Kupang, Dr. Jefirston Riwu Kore, mengukuhkan Badan Pengurus Ikatan Kelompok Musik Country (IKMC) Nusa Tenggara Timur (NTT) Sabtu (19/12/2020) di Restoran Nelayan Kupang.

“Saya sangat bangga bahwa kegiatan musikal di NTT hari ini atau hari kedepannya mulai bangkit. Hari ini saya ada disini untuk bagaimana kita membangun budaya musik di NTT dan country mempunyai salah satu permentasi yang sebenarnya suporter yang banyak sekali yang tidak tertata secara baik dan kalau ibu Yanti membuat organisasi ini saya kira satu terobosan yang sangat luar biasa untuk kita di NTT apalagi di Kota Kupang,” katanya.

Menurutnya, Kota Kupang hari ini memang musik-musiknya masih kurang bukan saja musiknya tapi juga lokasi bagaimana kita mementaskan musik itu menjadi catatan penting buat kami sebagai Pemerintah Kota Kupang. Karena kita tidak bisa hanya membangun sesuatu yang di nikmati tapi seninya juga harus menjadi perhatian khusus untuk kita di NTT khususnya di Kota Kupang.

“Bukan saja musik country yang menjadi perhatian kami tapi semua musik yang jadi hiburan kita karena di kota Kupang ini situasi ekonomi agak menurun, situasi lingkungannya panas kalau kita menghibur diri dengan musik. Oleh karena itu saya berharap tahun depan ini ada perubahan besar di kota Kupang khususnya dalam penataan budaya, musik dan juga tari, “ungkapnya.

Baca Juga :  Gubernur Harapkan Pemkot Kupang Tangani Sampah Secara Serius

Ia juga menjelaskan, ada beberapa hal yang kami sudah berpikir bagaimana menata musik dan tari termasuk hiburan di Kota ini kita tidak hanya menata infrastruktur jalan atau juga lampu jalan tapi bagaimana kita memikirkan itu.

“Saya sebagai Walikota saya berpikir bagaimana menata musik dan budaya yang ada di NTT khususnya Kota Kupang. kita berterima kasih Kepada Jokowi yang sudah memberikan kita perubahan yang luar biasa di Kota ini tahun depan bulan Desember sudah ada taman-taman akan kita pakai lokasinya untuk diisi dengan musik dan tari termasuk musik country. Dan ini juga menjadi catatan buat kita nanti. Kami berharap ada beberapa musik seperti musik daerah, tari daerah termasuk musik country ini menjadi bagian terpenting dari perwujudan suport kita kepada masyarakat NTT khususnya Kota Kupang, “ujarnya.

Ia juga mengatakan Kita mau ada kontrak dengan pemerintahan kalau yang namanya alat-alat band ini minta saja kita bisa bantu tapi bagaimana nanti dia beroperasi dalam tanda kutip dia bisa menyalurkan bakatnya minimal seminggu sekali. Oleh karena itu bapa ibu sekalian liat di depan Aston itu tahun depan sudah ada tempat musik disana juga di depan terminal itu kami rubah total seluruhnya sehingga itu seperti square disana bisa orang bisa berdiri-berdiri tempat untuk musik-musik tiap malam minggu tidak kendaraan lewat disitu.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Siapkan Bantuan Sembako bagi 23.640 Warga Terdampak Covid-19

Ketua IKMC Yanti Sode mengatakan Ikatan musik country sudah terdaftar di kantor Kesbang Pol sebagai ormas yang bergerak dalam kegiatan Seni musik khususnya seni musik country. Ikatan Kelompok Musik Country (IKMC) sesuai anggaran dasar adalah organisasi yang berasaskan Pancasila dan undang-undang dasar 1945 yang bersifat sosial, kekeluargaan dan non politik.

“Tujuan dari organisasi IKMC adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan seni musik country baik musik country modern maupun musik country daerah. disini lagu-lagu daerah yang bukan jendre country kami akan arasemen kedalam kemasan country ada beberapa lagu daerah yang sudah kami arasemen. Sebentar kami akan nyanyikan itu di arasemen oleh salah satu personil saya. Flobamora, bae sonde bae, tanjung kurung. IkMC juga akan menjaling hubungan kerjasama dengan organisasi sosial lainnya Dalam rangka mengembangkan dan melestarikan seni budaya musik dan kebudayaan yang ada di daerah propinsi NTT serta turut berpartisipasi dalam membangun daerah NTT khususnya Kota Kupang, “katanya.

Menurutnya, di dalam kepengurusan organisasi IKMC yang sangat penting buat kami adalah bidang pencari bakat disini IkMC tidak semata-mata melakukan pentas atau hiburan namun IKMC akan menerima, melatih dan menerima bakat-bakat yang ingin maju dalam hal seni suara, dan seni musik. Organisasi IkMC terbuka dan selalu siap selalu ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, kepemudaan dan kegiatan sosial lainnya

Baca Juga :  Pemkot Kupang Segera Launching Mobil Penyapu Jalan

“Untuk itu besar harapan kami seluruh badan pengurus IKMC NTT kepada walikota Kupang kiranya organisasi IKMC NTT dapat dijadikan mitra dengan pemerintah dan misi budaya NTT IkMC siap selalu mendukung dan bekerja sesuai dengan misi kami satu padu sebagai raih cita,”ungkapnya.

Ketua panitia pelaksana, Petrus Agung Bili mengatakan sebelum dikukuhkan organisasi ini beberapa bulan lalu selesai latihan bersama kami adakan diskusi kecil mengenai musik country di NTT khususnya di Kota Kupang. Kita tau bersama agar dapat menunjang geliat pariwisata NTT dan bukan hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja namun juga budaya dan lagu daerahnya disini kami berpikir bagaimana musik country berperan menjadi corong untuk mempromosikan budaya NTT yang begitu luar biasa ini.

“Singkatnya dari diskusi kecil ini kami sependapat dan menyimpulkan perlunya sebuah wadah yang bisa menaungi pecinta musik country ini dan tentunya wadah tersebut harus mempunyai legalitas yang jelas atau dengan kata lain berkekuatan hukum tetap sehingga kita dapat mengatur langkah-langkah konkrit bagaimana peran musik country kedepannya, “katanya.

Menurutnya, Jadi bukan saja sebagai jenis musik yang enak di dengar tapi bisa juga berperan sebagai corong budaya NTT. (lya)

Comments

comments