Wali Kota Kupang Lepas 250 Calon Jemaah Haji

0
253

Wali Kota Kupang Lepas 250 Calon Jemaah Haji Ke Tanah Mekkah

Kupang — Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore melepas secara resmi 250 orang Kontingen Calon Jemaah Haji asal Kota Kupang Tahun 2019 yang akan menjalani ibadah di tanah suci, Senin (22/7) di lantai 1 kantor walikota Kupang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Kupang, Drs. Matheus Eustakhius menyampaikan kegiatan pelepasan Calon Jemaah Haji Asal Kota Kupang Tahun 2019 merupakan Program Pemerintah Kota Kupang sesuai amanat Undang Undang nomor 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Berdasarkan amanat undang-undang tersebut, katanya, Pemerintah Kota Kupang memberikan bantuan yang dibebankan pada APBD Kota Kupang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Sekretariat Daerah Kota Kupang dan dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Kupang.

Pelaksanaan kegiatan ini menurutnya adalah untuk menjalin hubungan silaturahmi antar umat, khususnya umat Islam sehingga tercipta keharmonisan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah selain juga untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menciptakan Haji dan Hajjah yang mabrur.

Baca Juga :  81 ASN Terima Santunan dari Pemkot Kupang

“Yang ingin dicapai Pemerintah adalah agar masyarakat dapat menjalankan ibadah agama dan sikap rohani yang dilegitimasi oleh negara dan pemerintah serta meningkatkan kehidupan masyarakat yang berkualitas keimanan guna mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Kupang,” katanya.

Sedangkan Walikota kupang menyampaikan selaku Pemerintah Kota Kupang, beliau menyampaikan rasa bahagianya dapat turut ambil bagian dalam pelepasan para calon Jemaah Haji yang akan berangkat untuk menjalankan ibadah di Tanah Suci (Mekkah).

“Saya mendoakan agar para Jemaah Haji dapat menunaikan ibadah dengan baik dalam keadaan yang selalu sehat walafiat yang disambut khidmat oleh seluruh undangan serta calon Jemaah haji yang hadir. Pemerintah Kota Kupang ingin memberikan kesan baik dalam mendukung para calon Jemaah haji. Untuk itu di tahun depan, Pemerintah akan menyediakan seragam bagi Jemaah haji dengan desain yang dikerjakan oleh Dekranasda Kota Kupang selain pemberian cinderamata,” katanya.

Walikota Kupang berharap agar Pemerintah Kota Kupang dapat lebih memprirotaskan lebih banyak warga Kota Kupang untuk berangkat beribadah ke tanah suci.

Baca Juga :  BKD Target Pemasukan PBB Capai Rp 1,5 Miliyar

“Masih banyak warga Kota Kupang yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah tersebut namun terkendala biaya, sehingga masih masuk dalam daftar tunggu, oleh karena itu diharapkan agar kedepan kita lebih memprioritaskan warga Kota Kupang untuk berangkat haji,” ujarnya.

Dirinya mengaku bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah untuk memelihara kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Kupang.

“Persaudaraan yang sudah kita bina akan menjadi satu kekuatan bagi kita untuk mewujudkan Kota Kupang sebagai kota dengan tingkat toleransi yang tinggi, serta rukun, damai dan sejahtera,” harap Walikota Kupang. (lya)

Comments

comments