Wali Kota Kupang Serahkan Bantuan Sarana Perikanan bagi Masyarakat Pesisir

0
23

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Wali Kota Kupang menyerahkan bantuan sarana perikanan tahun 2020 kepada masyarakat pesisir, Selasa (11/8/2020). Bantuan ini berupa empat unit kapal motor dan 42 buah cool box.

Wali Kota Kupang Jeffry Riwu Kore, dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan bagi masyarakat pesisir yang dilaksanakan di Kelurahan Nun Baun Sabu mengatakan, penyerahan ini bersifat simbolis, dan bantuan kapal motor maupun cool box nya dapat diambil secara langsung oleh setiap kelompok nelayan di Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Kupang.

“Saya tadi juga kaget undangannya di Nun Baun Dela tapi jalan terus sampai Nun Baun Sabu terus belok malah di rumah sini. Jadi yang saya tau bilang di NBD tahunya sampai disini jadi memang kebetulan sekali saya juga disini dari kecil dan saya tahu saudara-saudara saya disini adalah banyak nelayannya, “katanya.

Menurutnya, berkaitan dengan itu pemerintah kota Kupang akan memberikan perhatian khusus bukan saja kepada nelayan. Tapi juga kepada saudara-saudara kita yang lain yang sangat membutuhkan bantuan ada tukang kayu, ada adik-adik kita yang tambal ban, ada macam-macam yang akan kita berikan. Kebetulan juga ini ada ibu Popi ini memberikan kita bantuan. Kita dapat dana dari pusat ke Rp11,9 miliar.

“Rp11,9 miliar ini adalah bantuan pemerintah pusat atas prestasi pemerintah kota Kupang dalam menata birokrasinya jadi dapat Rp11,9 miliar dan 11,9 miliar ini sudah ada aturan langsung tidak bisa bagi-bagi misalnya untuk beras. Rp11,9 untuk peningkatan ekonomi oleh karena itu kami juga nanti akan membelanjakan itu untuk saudara-saudara saya yang nelayan dan juga yang lainnya seperti yang saya bilang tadi ada tukang kayu dan yang lain-lainnya ada juga ada adik-adik kita yang mau buka usaha yang lainnya itu semua nanti akan kita catat secara baik dan akan dibagikan kembali untuk peningkatan ekonomi kita di masa yang akan datang, “ungkapnya.

Baca Juga :  Kunjungi Pembangunan Bendungan Temef, Wagub Harapkan Bisa Bermanfaat Maksimal

Ia mengatakan dalam situasi Covid-19 seperti ini memang kita tahu bahwa kehidupan kita itu khususnya perekonomian kita proadem. Banyak sekali yang terkapar dalam artian usahanya jatuh karena berbagai kendala ekonomi kita yang tidak berkembang oleh karena itu pemerintah akan terus berusaha membantu dan juga kami akan diskusikan dengan beberapa nelayan, tokoh-tokoh masyarakat untuk kita bagaimana caranya membantu saudara-saudara saya.

“Memang kami berharap bahwa semua nelayan itu akan mendapatkan itu kami hanya berusaha memang banyak saudara-saudara kita yang belum dapat kami terus akan berusaha supaya mereka juga akan mendapatkan itu nanti ada kadis perikanan Orson Nawa juga sudah memberikan proposal ke pusat untuk mendapat bantuan lebih banyak lagi dan mudah-mudahan dari bantuan pusat ini juga akan mengalir ke semua kelurahan-kelurahan khususnya pesisir yang saudara-saudara kita yang tugasnya adalah nelayan. Kami punya perhatian khusus juga untuk mereka-mereka dalam kebutuhan-kebutuhan hari-hari yang akan datang, “ujarnya.

Ia menjelaskan program pemerintah bukan hanya itu saja ini hanya pemicu kita untuk peningkatan ekonomi kita pemerintah punya bantuan-bantuan yang cukup banyak yang harusnya kalau dicatat secara baik oleh Bapak, mama Lurah dan camat di sini yang akan mencatat bapak Ibu punya kebutuhan.

Bukan saja yang kita kasih cool box atau yang lainnya alat pancing, alat tangkap tapi juga bantuan yang lain. Misalnya saja ada bantuan beasiswa, bantuan baju seragam untuk anak-anak kita semua mendapatkan itu baju seragam, tas ransel ada buku itu wajib di samping itu juga ada bantuan lain kalau bapak mama belum ada BPJS, ada bantuan PKH.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Serahkan Bansos di Kota Raja dan Kota Lama

“Semua harus di cek di kelurahan kalau kita merasa belum catat atau juga belum dapat itu disampaikan ke kelurahan supaya di bantu karena pemerintah punya dana yang cukup untuk membantu termasuk juga saudara-saudara kita yang belum sempat mendapatkan sembako pada bulan-bulanan yang lalu oleh karena itu kami minta dukungan dari pada bapak camat dan bapak, ibu lurah supaya memperhatikan saudara-saudara kita yang memang terdampak atau juga yang berhak untuk mendapatkan bantuan ini. Saya juga berharap nanti ada program-program yang lebih besar lagi yang akan membantu saudara-saudara kita. Ada bantuan-bantuan lain yang sekarang dikaji oleh pemerintah kota untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Sekali lagi saya mohon maaf tidak semuanya saudara-saudara saya mendapatkan ini, “tegasnya.

Tapi ada saudara-saudara kita yang dapat mungkin saling berbagi dengan yang lain Tolong dijaga apa yang sudah diberikan ini. jaga untuk dimanfaatkan bersama kelompok-kelompoknya. Jadi tidak juga dikuasai oleh satu,dua orang saja tapi kelompok-kelompoknya.

Kalau ada kelompok-kelompok nelayan yang memang sudah terkumpul dalam bentuk grup-grup bisa memasukkan nama-namanya ke dinas langsung atau bisa lewat bapak, mama Lurah untuk kami proses dalam bantuan-bantuan berikutnya. Jadi bantuan-bantuan berikutnya juga nanti kalau memungkinkan kita kasih semua kalau tidak memungkinkan maka kami undi berdasarkan grup.

Baca Juga :  Wagub NTT Harap Kompetensi Basarnas Terus Ditingkatkan

Bapak ibu semua ada yang kita berikan berdasarkan undian Jadi pas bapa, mama punya nama terpilih itu dia yang dapat. Siapa saja tapi yang jadi masalah kalau bapak, mama punya nama tidak ada pasti undi tidak dapat kalau kasih masuk nama pasti di undi nanti kalau dapat syukur jadi bapak mama yang tidak dapat jangan marah gara-gara undian kita tidak dapat.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa mengatakan penyerahan bantuan sarana perikanan tahun 2020 berupa kapal penangkapan ikan ada empat unit yang satu unit berukuran 4GT dan yang tiga unit berukuran 3GT yang akan di bagikan untuk empat kelompok di kelurahan NBS.

“Untuk cool box ada dua ukuran ada untuk penangkapan ukuran 300 liter sebanyak 30 buah dan 100 liter sebanyak 12 buah juga di lengkapi dengan alat pukat sebanyak 42 buah. Ini penyerahan secara simbolis saja di sini, “katanya.

Ia menjelaskannya penerima bantuan itu seluruh warga masyarakat pesisir dari Lasiana sampai alak. Secara simbolis saja di sini 28 penerimaan selanjutnya dinas secara teknis akan distribusikan.

“Himbauan kami memang bantuan pemerintah ini lewat dinas perikanan ini untuk merangsang bagi para nelayan untuk terus meningkatkan pendapatan mereka lewat produksi penangkapan bahkan dalam pemasaran. Kapal yang kami beri nama itu Ayo Berubah 1-4 dengan demikian pemberian nama itu pengguna kapal itu terus berupaya berubah diri dalam hal pendapatannya sesuai dengan misi Wali Kota Kupang tentang pembangunan ekonomi yang mandiri dan berkarakter, “ujarnya. (lya)

Comments

comments