Yasinta Malo : Berkat Bimbingan Ratu Wulla, Kehidupan Saya Sejahtera

0
3347

Tambolaka — Tenun ikat dan atau kain tenun di Sumba Barat Daya (SBD) hampir dikatakan punah. Kain tenun hasil kerajinan ibu-ibu di pelosok perkampungan dulunya hanya sebatas di pergunakan dalam acara adat, bahkan di pasar tradisionalpun tak kunjung habis terjual. Namun kini, kain tenun telah menembus pasar internasional.

Hasil tenun perempuan SBD kini telah menembus batas, semakin di perebutkan oleh pasar internasional, sebab motifnya dapat di pergunakan sebagai busana modern.

Yasinta Malo sebagai Ketua Kelompok Maju Bersama Desa Mata Payau, Kecamatan Wewewa Timur, saat memberikan kesaksian dalam acara kampanye terbatas MDT-GTD di Desa Wee Limbu, Wewewa Timur, Jumat (25/5/2018) menjadi spirit baru bagi perempuan di desa Wee Limbu.

“Dari kelompok tenun ini, saya sudah rasakan, saya sudah bisa bangun rumah saya sekarang. Itu rumah plesteran, itu hasil karya kami di Desa Mata Payau, dan juga usaha ini berkat bimbingan Ketua PKK Kabupaten Ratu Wulla Talu,” kata Yasinta

Kesempatan itu dia mengimbau semua masyarakat khususnya Ibu-Ibu yang hadir agar segera bergabung, bersatu dan membentuk kelompok yang nantinya akan di kukuhkan PKK Kabupaten.

Baca Juga :  Kunjungi Mabar, Dua Menteri Pastikan Terminal Multipurpose Wae Kelambu Rampung Akhir Tahun 2020

“Untuk ibu-ibu, jangan kita jadi penonton. Mari kita bersatu bersama dengan paket MDT-GTD dan Ratu Wulla Talu kita sukseskan kerajinan tenun ikat sumba. Saya sebagai bukti hidup yang telah menikmati hasilnya, mengajak ibu-ibu mari kita bergandengan tangan lestarikan kerajinan tenun ikat,” imbaunya.

Sementara, Sekretaris Partai Nasdem Ratu Wulla Talu yang juga istri MDT mengatakan selama masyarakat masih memberikan kepercayaan terhadap Cabup/Cawabup Markus Dairo Talu dan Gerson Tanggu Dendo, dirinya akan terus berjuang bersama perempuan SBD untuk bangkit melestarikan kerajinan tenun.

“Saat ini perempuan SBD telah bangkit, dan saya akan terus melakukan pendampingan agar kelompok-kelompok tenun yang sudah terbentuk dapat meningkatkan hasilnya. Hanya orang yang rajin yang akan jadi kaya, orang malas tidak,” kata Ratu.

Ratu Wulla berpesan masyarakat jangan salah pilih pemimpin lima tahun kedepannya pada tanggal 27 Juni 2018.

“Jangan salah memilih pemimpin lima tahun kedepannya, jangan pilih pemimpin yang istrinya hanya tunggu kipas angin di rumah. Jika salah pilih, bukan kami yang menyesal tetapi rakyat SBD yang menyesal,” pungkasnya. (alf/qi)

Baca Juga :  Kesejahteraan Keluarga Dipengaruhi Banyak Faktor

Comments

comments