100 Karateka Mengikuti Gashuku 2020

0
134

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Sebanyak 100 Karateka dari tujuh dojo di Kota Kupang mengikuti ujian kenaikan sabuk (Gashuku) tahun 2020 yang diselenggarakan di Dojo Kodim 1604/Kupang.

Demikian dikatakan Kasdim 1604/Kupang Letkol (Inf) Sugeng prihatin,S.S.M.Sc.M.Tr.Hanla mengatakan Gashuku itu tahapan terakhir seorang karateka untuk mau naik tingkat. Jadi kenaikan tingkat itu ditandai dengan ujian. Jadi Gashuku itu istilahnya sebelum terakhir mau di adakan ujian dan pemantapan materi- materi yang akan di uji nanti supaya bisa berjalan dengan baik makanya di adakan Gashuku.

Setelah diadakan gashuku diadakan juga ujian kenaikan tingkat. Ada urut-urutannya di dalam kateter dari sabuk putih ke sabuk kuning, sabuk hijau, sabuk biru, sabuk coklat, sabuk merah dan sabuk hitam. Sabuk hitam sendiri ada Dan I, Dan II sampai Dan VII, “katanya

Kenaikan tingkat ini penting supaya dalam latihan itu sudah ada ukuranya jadi kedepannya bisa meningkat-meningkat.

“Kemudian di dalam ujian nanti ada tiga materi yang di laksanakan yang pertama kihon atau gerakan dasar sesuai dengan tingkatannya. Kemudian ada gerakan jurus rangkaian gerakan jurus (Kata) jadi ada kata I, kata II, kata III jadi banyak kata yang dikuasai sesuai dengan tingkatannya sesuai dengan sabuknya.
Komite seperti perkelahian satu lawan satu dan nanti ada jurinya atau penengahnya jangan sampai brutal atau mencederai lawan itu tidak boleh, “tegasnya.

Baca Juga :  Sambut HUT ke 74, Persit KCK Koorcab Rem 161 gelar Lomba Voli

Menurutnya untuk mengikuti karate dari tingkat SMP, SMA boleh jadi ini tidak terbatas justru yang bagus itu memang dari sejak dari SD itu juga bagus ada dasar-dasarnya jadi nanti bisa masuk junior nanti ke depannya bisa menjadi atlit bukan kota Kupang saja tapi bisa jadi atlit provinsi juga kalau sudah pembinaan sejak dini.

“Karate disamping untuk menjaga diri dari musuh musuh yang ingin mengganggu kita yaitu disitu ada sumpah karate untuk menambah kepercayaan diri kemudian melatih kedisiplinan juga. Tidak ada atlit yang bagus tanpa disiplin. Jadi karakter-karakter ini cocok untuk anak muda berkarakter nanti pemimpin masa depan bisa lewat karate juga bukan satu-satunya tapi salah satunya yang bisa menumbuhkan karakter anak bangsa nanti ke depan itu lebih bagus dengan disiplin dengan gerakan yang lincah fisik yang prima karena dari kihon itu perlu fisik yang Prima kata juga butuh fisik yang Prima apalagi komite perkelahian itu butuh fisik yang prima walaupun satu menit, dua menit, tiga menit kalau fisiknya tidak prima kita bisa kehabisan nafas juga.

Baca Juga :  Sambut HUT ke 74, Persit KCK Koorcab Rem 161 gelar Lomba Voli

Sensei Darmawan (DAN V) mengatakan yang naik tingkat dari KYU 10-KYU satu dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari sabuk putik ke sabuk kuning 20 orang, sabuk kuning ke sabuk merah 20 orang, sabuk merah ke sabuk hijau 20 orang, sabuk hijau ke sabuk biru muda 20 orang, sabuk biru muda ke biru tua 19 orang, sabuk biru tua ke sabuk hijau satu orang.

“Ada Tujuh Dojo yang mengikuti kenaikan sabuk yaitu dari Asrama Tentara, Kodim 1604/Kupang, LP anak Penfui , SMP Negerii 5 Kupang, Asrama
Brimob, SD katolik Kanosa Tofa dengan satu dojo di depan asmara haji,” katanya.

Ketua Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) NTT, Dr. Rolen Riumanu mengatakan bahwa Lemkari NTT harus menjadi besar karena Lemkari itu sendiri merupakan sebuah lembaga dimana kita bisa membawa generasi milinium ini menjadi apa yang seperti tadi dikatakan oleh Kasdim 1604/Kupang bahwa generasi milinium inikan sangat besar kalau arah terhadap general milinium ini salah maka bangsa ini akan menjadi porak poranda tapi kalau kita membawa generasi milinium yang sangat besar ini kejalan yang tepat maka ini akan menjadi sebuah peluang emas bagi bangsa ini untuk menatap masa depan jadi tugas dari pada kami adalah mempersiapkan kaum muda yang tangguh, kuat untuk menjadi generasi bangsa yang tetap pada pendirian yaitu memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

Baca Juga :  Sambut HUT ke 74, Persit KCK Koorcab Rem 161 gelar Lomba Voli

“Kami sangat mendukung pengurus kota Kupang untuk bisa lebih bergerak cepat dalam membesarkan Lemkari karena kita tahu Kota Kupang ini adalah ibu Kota Propinsi NTT dia menjadi cermin dari seluruh propinsi oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada Dandim 1694/Kupang yang berikan perhatian yang sangat besar kepada Lemkari NTT, “ungkapnya.(lya)

Comments

comments