Masyarakat Adat dan Pemerintah Saling Membutuhkan

0
104

KIBLATNTT.COM, BA’A — Tidak ada kata bermusuhan atau politik justru adat membuat kita saling erat satu sama lain. Masyarakat adat ini butuh pemerintah dan pemerintah juga butuh masyarakat adat.

Demikian dikatakan Raja Termanu Vico Amalo (06/12/2019) di destinasi wisata Batu Termanu Rote. Ia mengaku
tanpa masyarakat adat pemerintah ini jadi kosong sia-sia saja kita bisa lihat dari kerajaan di Bali

“Bali, hari ini bicara bukan tentang pariwisata, tapi tentang adat istiadat dan budaya. Dan Rote di zaman modern ini tancapkan lagi adat istiadat,” papar Vico Amalo.

Menurutnya, Tuhan mendengar permintaan umatnya, umat juga harus dengar Tuhan, sehingga Tuhan memateraikan umat disekitar Termanu

“Tuhan beri kedamaian dan berkat pada kita, saat kita rukun, Tuhan berikan berkat buat orang Termanu khususnya dan orang Rote dari ujung timur, utara sampai selatan akan diberkati semua,” paparnya

Sementara itu Ketua DK Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) PYM Ida Tjok Ngurah dalam sambutannya mengatakan hari ini kami mengucapkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa karena atas berkat rahmatnya kita semua bisa hadir disini.

Baca Juga :  Raja dan Permaisuri Termanu Ajak Majelis Adat Nusantara Nikmati Keindahan Pulau Rote

” Terutamanya seluruh anggota dewan kerajaan Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) tidak semuanya bisa hadir karena tempatnya jauh kami semua mewakili beliau-beliau itu. Jumlahnya ada 48 MAKN dan hari ini di tambah satu menjadi 49, “katanya.

Ia mengakui demikian indahnya seni budaya yang kita miliki dan hari ini menyaksikan ini adalah peristiwa budaya dilaksanakan dengan adat dan tradisi. Peristiwa-peristiwa budaya ini ada di seluruh Indonesia di Nusantara.

“Salah satunya kita saksikan tadi penobatan Raja Nusak Termanu jayalah Raja Termanu. Kita sangat begitu mendengarkan tadi uraian- uraian, nasehat-nasehat dari dewan adat Termanu. Ada belasan adat terutama bahasa daerah yang hilang dan yang nyaris hilang juga belasan juta sangat bijaksana ketua dewan adat kita,”ujarnya.

Adat Termanu, untuk mengangkat seorang raja kita saksikan bersama sore hari ini mengangkat seorang raja untuk melestarikan semua adat tradisi budaya kita. Kita sambut kemuliaan dan kesejahteraan untuk raja Termanu dan seluruh kerabat adatnya.

“Kita sampaikan salam hormat kami kepada permaisuri untuk mendampingi raja untuk bijaksana pula sebijaknya masyarakat adat kita ini dan masyarakat Termanu bisa di penuhi, “katanya.(lya)

Baca Juga :  DGS BI Resmikan Kampung Wisata Melo

Comments

comments