NTT Miniatur Pariwisata Dunia

0
118

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata dan Kreatif, Disparekraf NTT. (Foto: Istimewa)

KIBLATNTT.COM, BAA — Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan miniatur pariwisata dunia, karena destinasi-destinasi wisata terkenal di dunia ada di NTT, bahkan destinasi Komodo dan Kelimutu tidak ada di dunia, dan hanya ada di NTT. Jadi NTT memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan devisa dari pengembangan pariwisata.

“Data kita menunjukkan dari 7,5 milyar penduduk di dunia saat ini, sekitar 1,8 milyar melakukan perjalanan wisata setiap tahun. Jadi dengan potensi wisata kita di NTT yang cukup menjanjikan, kita bisa menarik banyak wisatawan databg ke NTT setiap tahun,” jelas Kabid Destinasi Pariwisata dan Kreatif NTT, Eden Klaki kepada media ini di Baa, Sabtu (27/10/2019).

Menurutnya NTT bisa dikatakan sebagai miniatur pariwisata dunia, sebab taman bawah laut yang indah itu ada di Karibia, da juga Bunaken. Tetapi ada juga di NTT yakni di Alor dan Maumere. Kemudian laut mati ada di Timur Tengah dan Rote Ndao, dan Megalitik ada di Spanyol dan Sumba. Namun pariwisata NTT lebih spesial, karena tidak hanya taman bawah laut yang indah, tetapi juga ada Danau Kelimutu di Ende, Komodo di Manggarai Barat, dan kura-kura leher ular di Rote Ndao.

Baca Juga :  NTT Miniatur Pariwisata Dunia

“Saya mau bilang di dunia ada tiga Wood, yakni Hollywood di Amerika, Bollywood di India dan Sandalwood di Sumba, “ujarnya.

Karena itu, kedepan pihaknya akan mengadakan lomba fotografer bawah laut yang menghadirkan peserta dari fotografer dunia. Diyakininya, hal ini bisa menjadi ruang promosi pariwisata yang murah bagi taman bawah laut di NTT.

“Peserta yang melakukan lomba pasti dia akan mempromosikan hasil jepretannya. Kita untung promosinya disitu tanpa membiayai biaya promosi, dengan sendirinya peserta sudah memfoto dan memviralkan hasil lombanya. Jadi kalau setiap peserta memiliki 5000 teman di media sosial, ketika dia foto dan share, sudah ada 5.000 orang yang tahu destinasi bawah laut kita, dan bayangkan kalau peserta lomba fotografi bawah laut ini diikuti oleh 100 fotografer dunia,” tegasnya

Ia menambahkan, 10 destinasi terindah di dunia salah satunya di Alor. hasil penelitian dari majalah lani planet. 10 destinasi terindah di dunia termasuk NTT ada di Alor namanya Desa Suwo, karena pada saat kabut menutupi bukit, akan terdengar suara seorang perempuan dan saat kabut terangkat ke langit suara itu menghilang dan hanya akan ditemukan periuk tanah dalam tanah di Desa Woedoa Nagakeo.

Baca Juga :  DGS BI Resmikan Kampung Wisata Melo

Kemudian di Malaka dan TTS, orang bisa panggil buaya, serta di Alor orang bisa panggil ikan.

“Tuhan memberikan potensi pariwisata yang sangat luar biasa di NTT. Selama ini kan bagian barat yang potensi pariwisatanya sudah sangat bagus. Padahal bagian timur termasuk Rote ini juga banyak sekali, Mulut Seribu, lagi pasir berwarna, Laut Mati. Jadi jika dikembangkan secara maksimal, potensi pariwisata wilayah timur dari pada Rote wisatawan akan banyak datang ke Rote,” katanya.(lya)

Comments

comments