Baliho Para Bacabup dan Cawabup Yang Berseliweran Akan Ditertibkan

0
3689

Tambolaka — Terkait dengan maraknya pemasangan atribut (Baliho) dari beberapa bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati di Kabupeten SBD, Ketua Panwas SBD, Dickson Daly menjelaskan atribut-atribut tersebut akan di tertibkan apabila para bakal calon telah di tetapkan oleh KPUD sebagai pasangan calon tetap dalam pilkada serentak.

“Belum di tertibkan karena pasangan calon saat ini masih sebatas bakal calon karena belum di tetapkan statusnya oleh KPUD sebagai pasangan calon tetap dalam helatan pilkada serentak 2018,” demikian disampaikan Ketua Panwas SBD, Dickson Daly kepada media ini di sela-sela kegiatan pendaftaran parpol di KPUD SBD, Selasa (17/10/2017) malam.

Dikatakannya bahwa ketika KPUD telah menetapkan pasangan calon, Panwas akan mengadakan koordinasi dengan KPUD beserta ketua parpol yang berkoalisi untuk menertibkan baliho-baliho yang terpajang di sepanjang jalan yang ada di SBD.

“Untuk sekarang atribut-atribut itu belum menyalahi aturan, karena saat ini bakal calon masih dalam taraf sosialisasi atau perkenalan diri kepada masyarakat lewat media atau juga baliho tadi itu. Saat ini kami dari Panwas belum memiliki wewenang penertiban,” jelasnya.‎

Baca Juga :  Kampanye Di Loura, MDT Di Kalungkan Rosario Besar

Menurutnya bahwa untuk etika, estetika dan penataan wilayah, Pemda SBD mempunyai hak untuk menertibkan baliho saat ini karena Pemda yang mempunyai wilayah. Panwas masih menunggu aturan yang jelas untuk penertiban.

Dikatakannya, setelah bakal calon telah di tetapkan oleh KPUD sebagai pasangan calon tetap, KPUD yang akan menyiapkan atribut-atribut khusus sesuai ukuran yang sama untuk di pajang di titik-titik tertentu di wilayah SBD.

“Atribut yang di siapkan KPUD itu akan di pajang ketika KPUD telah menetapkan bakal calon yang akan bertarung dalam pilkada nantinya. Atribut dari KPUD dipajang sampai batas waktu H – 3, yang artinya akan di tertibkan tiga hari sebelum pilkada berlangsung,” katanya. (red)‎

Comments

comments