Marianus Sae Dikukuhkan Menjadi keluarga Kerajaan Biboku

0
4818

Kupang — Masih tentang perjalanan pasangan cagub dan cawagub Marianus Sae (MS) dan Emelia Nomleni (Emi) mengitari pulau Timor untuk berjumpa, melihat, merasakan dan mendengar langsung keluhan-keluhan kaum papah yang berada di desa-desa pedalaman.

Sabtu (20/1/18), MS dan Emi berkunjung ke Gereja Katolik Santo Nikolas Bijae Pasu dan menemui warga Desa Bijae Pasu, Kecamatan Miomafo Tengah, TTU. Disini MS dan Emi disambut ratusan warga dengan tarian Tabe.

Sepanjang jalan dari kota Kefamenanu menuju Bijae Pasu ratusan warga menghadang MS sekedar untuk foto selfie. Tua muda berebut ingin mendokumentasikan diri mereka bersama MS-Emi.

Di Bijae Pasu, MS menceritakan kisah hidupnya sekaligus menginspirasi masyarakat setempat untuk tidak takut berjuang menjadi sukses.

“jangan berkecil hati karena tinggal di kampung. Masa depan itu milik semua orang. Belajarlah, berusahalah, karena Tuhan pasti merestui orang yang mau bekerja keras. Saya lahir di pedalaman, besar di kampung, maka saya tahu bagaimana hidup masyarakat di pedesaan. Karena itu saya komit membangun NTT dari desa. Ini sudah saya buktikan di Ngada, dan sukses, ya hanya tiga tahun saya mampu membawa Ngada keluar dari status daerah tertinggal,” katanya.

Baca Juga :  RJC NTT Komit Menangkan Jokowi Pada Pemilu 2019

Dikatakannya bahwa dirinya pernah menjadi petani selama kurang lebih lima tahun ketika putus sekolah. Karena itu dia tahu bagaimana penderitaan para petani, kesusahan para petani, sehingga jika kelak direstui jadi gubernur, dia akan fokus mengurus para petani, mengurus desa, menjadikan NTT maju dan mandiri.

Setelah itu MS berkunjung ke istana Biboki. Jaraknya sekitar 50 kilo meter dari Bijae Pasu. Disini MS dikukuhkan menjadi keluarga kerajaan yang ditandai dengan pengenaan pakaian kebesaran kerajaan Biboki.

Kepada Kaisar Biboki, Nesi Iba Usboko, MS menyerahkan sebilah parang Bajawa dan Lega (tas lokal Ngada) sebagai simbol perjuangan.

Ketika menyerahkan parang dan tas, MS memanggil para leluhurnya dalam bahasa adat Bajawa untuk menyatu dengan para leluhur Biboki berjuang bersamanya menggapai kursi gubernur NTT periode 2018-2023.

Pangeran Biboki, Charles Usboko, menegaskan, Kaisar bersama ‘akar rumput’ kerajaan Biboki siap mendukung dan mengantar MS dan Emi ke kursi gubernur dan wakil gubernur.

Dari situ, Minggu (21/1/18) setelah pulang gereja, MS dan Emi meneruskan perjalanan mereka ke Kabupaten Malaka melalui Oelolok, Kiupukan, TTU.

Baca Juga :  Lapangan Galatama Tak Mampu Tampung Massa MDT-GTD dan Viktory-Joss

Usai menemui warga di sejumlah desa di Malaka, MS dijamu makan malam oleh Bupati Malaka Stef Bria Seran.

Rencananya MS akan terus melakukan perjalanan ke Kabupaten Belu ke desa-desa yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. (*tim/qi)

Comments

comments