Marten : Bupati Jalan Cepat Saja Kami Susah, Apa Lagi Mama

643
5971

Ba’a —- Persoalan dasar masyarakat di Kecamatan Rote Barat Laut khusunya di desa Oebole terkait persoalan pertanian dan kesehatan dikeluhkan masyarakat setempat.

Keluhan itu terungkap dalam kampanye dialog pasangan calon bupati dan wakil bupati Rote Ndao, Mesakh Nunuhitu – Conny Penna‎ di desa setempat, Sabtu (17/2/2018) siang.

Dalam dialog itu, Marten Elimanafe ‎mengaku sudah gagal panen padi sejak lima tahun terakhir ini, akibat karena kelangkaan dan ketiadaan pupuk.

“Tahun ini tidak ada pupuk sama sekali‎, tahun lalu saya dapat beli satu karung Rp 200 ribu, kalau tahun ini satu karung Rp 500 ribu pun kami beli, tapi tidak ada sama sekali. Semakin susah kami,” ungkapnya.

Dikatakannya bahwa ini salah siapa, apakah salah masyarakat, ataukah salah Bupati. Jika ini merupakan kesalahan pemerintah daerah dan atau Bupati maka kedepan Paket Rote Ndao Baru lah yang akan dipilihnya.

“Kedepan kalau paket RNB menjadi Bupati dan wakil bupati maka kami minta fungsikan Bumdes dan perbanyak distributor. Dan kami siap menangkan Paket RNB,” ujarnya.

Baca Juga :  Di Rote Ndao, Cagub BKH Beberkan Program Unggulan

‎Tak hanya itu, kritikan tajam pun datang dari Marten. Menurutnya, sejak tahun 2016/2017 bidan yang ada di Pustu sudah ditarik dan dipindahkan oleh Bupati dan sampai sekarang tidak lagi ada bidan, justru yang tinggal di pustu sekarang adalah kambing.

“Bupati yang jalan cepat saja kami sudah susah, apa lagi kasi mama maju jadi bupati yang jalannya lambat, lebih susah lagi kami,” tandasnya disambut tepuk tangan dan teriakan setuju dari para warga yang hadir.

Cabup Paket Rote Ndao Baru, Mesakh Nunuhitu berjanji jika Tuhan berkenan memimpin Rote Ndao maka masalah pupuk ini akan teratasi, dengan memperbanyak distributor dan manfaatkan Bumdes, namun tentunya pemda akan memberikan batasan HET.

Sementara aspek kesehatan pun akan menjadi perhatian serius dalam program Rote Ndao Cerdas dan Sehat. “Ini semua kita akan buatkan dalam komitmen dan kontrak politik dengan masyarakat. Dan kami akan melaksanakannya,” tandasnya. (tim)

Comments

comments