Butuh Cara Luar Biasa Untuk Wujudkan Kebangkitan NTT

0
148

KIBLATNTT.COM, KUPANG —¬†Untuk membangun dan mengejar mimpi terwujudnya masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) bangkit menuju sejahtera, maka tidak bisa dengan pola pikir dan pola kerja yang biasa-biasa saja. Namun harus dengan langkah dan cara-cara yang luar biasa.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dihadapan para pengurus Ikatan Keluarga Satya Wacana (Ikasatya) Cabang Kupang di Gedung Gereja Kefas Oetete Kupang, Sabtu (23/11/2019).

“Sekian lama NTT menjadi salah satu provinsi yang paling tidak diminati oleh sekian banyak orang untuk berkunjung, karena dari semua aspek sangat tertinggal jauh dari provinsi lain di Indonesia. Dicap sebagai provinsi termiskin ketiga di Indonesia, urutan ketiga terbawah juga sistem pendidikannya dan juga indeks pembangunan manusianya sangat rendah. Sebagai Gubernur saya mau agar kesalahan sekecil apapun harus segera diperbaiki, karena kalau dibiarkan maka kesalahan itu akan mendarah daging dan menjadi suatu kebiasaan. Hal ini yang telah terjadi di NTT. Terkadang orang mengatakan bahwa Gubernur NTT saat ini sangat kasar, tidak menghargai orang ketika berbicara, keputusan yang diambilpun terkadang diluar kewajaran. Tapi itulah terapi yang harus diambil untuk mengeluarkan masyarakat NTT dari kemiskinan,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Kekayaan Alam NTT akan Segera Masuk Level Internasional

Mantan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini juga sangat menyayangkan apabila masyarakat mengeluh soal panas yang terjadi di NTT saat ini.

“Terkadang orang bilang panas yang berkepanjangan adalah musibah. Tetapi tidak seperti itu. Karena dengan panas yang ada di NTT adalah modal terbesar bagi provinsi ini untuk menghasilkan produk – produk pertanian dengan kualitas yang baik, karena proses fotosintesis terjadi karena adanya panas matahari. Tinggal bagaimana kita mengolah airnya dengan baik.
Dan khusus masalah air, dimasa kepemimpinan saya sebagai gubernur saat ini, tidak akan ada proyek bangun jembatan. Yang ada adalah bagaimana kita membendung air sebanyak mungkin disetiap aliran sungai pada musim hujan, sehingga fungsinya menjadi ganda, selain agar kendaraan juga bisa melintas, maka air yang ditahan itu akan dimanfaatkan pada musim kemarau, baik pertaniannya, peternakan maupun perikanan,” ungkap Laiskodat.

Gubernur juga mengatakan bahwa dengan tekhnologi yang sudah canggih saat ini, sebenarnya mampu dimanfaatkan secara baik untuk kemakmuran rakyat. Salah satu contoh sederhana adalah saat ini sudah ada mesin yang dalam waktu sekian detik mampu merubah air laut menjadi air bersih dan air tersebut sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

Baca Juga :  Terima kunjungan Parmusi NTT, ini pesan Danrem 161/Wira Sakti

“Kiranya dengan teknologi yang akan terus kita kembangkan, mampu mengeluarkan masyarakat NTT dari setiap kekurangan, karena sebagai gubernur saya adalah orang yang paling bertanggungjawab mewujudkan masyarakat NTT Bangkit menuju Sejahtera,” sambung Gubernur.

Sementara itu sesepuh Ikasatya Cabang Kupang Ir. Esthon Foenay dalam arahannya selain mengucapkan terimakasih atas kehadiran gubernur, juga mengatakan bahwa Ikasatya Cabang Kupang siap mendukung setiap program yang telah dibuat. Dan salah satunya menurut Esthon adalah siap melestarikan tenun ikat NTT, sehingga mampu meningkatkan ekonomi para pengrajinnya.(*/lya)

Comments

comments