Syukuran Hari Juang TNI AD dirangkai dengan HUT Provinsi NTT

0
80

KIBLATNTT.COM, KUPANG — Syukuran Hari Juang TNI AD Tahun 2019 kali ini, kita rangkaikan sekaligus memeriahkan HUT ke 61 Provinsi NTT. Dua kegiatan besar ini sengaja kami padukan untuk merefleksikan sebuah kebersamaan, dan dengan kebersamaan ini maka kita akan menjadi lebih kuat dan lebih besar.

Demikian disampaikan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman,S. Sos dalam sambutannya pada Acara Syukuran Hari Juang TNI AD Tahun 2019 sekaligus memeriahkan HUT ke 61 Provinsi NTT Tahun 2019, Kamis ( 19/12/2019) di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sesuai dengan Tema Hari Juang TNI AD Tahun ini, TNI AD adalah Kita, sangat sejalan dengan Tema HUT ke 61 Provinsi NTT Tahun 2019 yaitu Dengan semangat HUT ke 61 NTT, Kita wujudkan NTT Bangkit, NTT Sejahtera.

“TNI AD adalah kita, dan kita selalu berjuang. Kita berada di Provinsi NTT. Kita berjuang bersama untuk NTT bangkit dan NTT Sejahtera”, jelas Danrem 161/Wira Sakti.

Baca Juga :  Wakil Ketua Komisi IX Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui KIE

Dikatakan bahwa Hari Juang TNI AD ini memaknai dan merepresentasikan nilai- nilai juang para pejuang pendahulu kita pada tanggal 15 Desember 1945 yang kita kenal dengan Palagan Ambarawa, juga para pejuang di Provinsi NTT.

” Nilai nilai juang itulah yang harus selalu kita ingat dan munculkan kembali pada saat ini, yaitu rasa juang dan pantang menyerah dengan mengorbankan nyawa, darah dan air mata untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan komitmen untuk merajut kebersamaan menghadapi tantangan dalam pembangunan,” ungkap Danrem 161/Wira Sakti.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Danrem 161/Wira Sakti kemudian diserahkan kepada Serka ( Purn ) Tobias Solu.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama kolosal perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang diperankan oleh anggota TNI AD bersama masyarakat dan pelajar di Kota Kupang.

Sementara itu Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat,usai acara ini menyampaikan kepada awak media bahwa perjuangan TNI AD dari zaman perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia hingga saat ini adalah perjuangan rakyat, dan berpesan untuk selalu menjaga nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita.

Baca Juga :  Kekayaan Alam NTT akan Segera Masuk Level Internasional

” Perjuangan yang dilakukan TNI AD dari dahulu hingga sekarang sesungguh adalah perjuangan rakyat. Cara berjuang TNI AD bersatu dan memadu dengan semangat perjuangan rakyat. Nilai-nilai inilah yang harus senantiasa kita jaga selamanya”, tegas Gubernur NTT.

Hadir dalam acara ini Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat beserta Unsur Forkopimda NTT, Anggota Veteran dan Purnawirawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, serta tamu undangan lainnya.

Tampak hadir juga Kasrem, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana.

Tidak ketinggalan tampak di kursi tenda tamu undangan yaitu Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Lantamal VII Kupang beserta pengurus, Ketua Pia Ardhya Garini Lanud El Tari Kupang beserta pengurus dan Ketua Bhayangkari Polda NTT beserta pengurus.(lya)

Comments

comments